lihat juga

Saturday, February 23, 2013

Penyebab Radang Selaput Otak? Kenali Gejalanya!

Radang Selaput Otak Ashanty
Beberapa pekan lalu seorang isteri dari artis penyanyi kondang Anang Hermansyah, Ashanty jatuh sakit dan divonis menderita penyakit radang selaput otak (meningitis). Hal ini membuat banyak masyarakat bertanya-tanya mengenai apa sih penyakit radang selaput otak? Apa saja gejalanya? dan seberapa besar bahayanya?

Radang selaput otak atau biasa disebut juga dengan meningitis adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh serangan bakteri, virus, dan bisa juga jamur. Jika anda bertanya mengenai seberapa jauh bahaya penyakit ini bagi seseorang, penyakit ini memang penyakit berbahaya apabila tidak ditangani secara tepat dan benar akan berakibat pasien menderita cacat, gangguan mental bahkan bisa juga kematian.

Penyakit ini termasuk salah satu penyakit menular, bisa ditularkan lewat ludah, ingus, dan makanan yang terkena bakteri atau virus. Bisa juga ditularkan melalui sapu tangan, tisu atau pun pemakaian handuk yang bersamaan. Kenali gejala penyakit radang selaput otak berikut.

Gejala penyakit meningitis atau radang selaput otak agak mirip dengan penyakit flu. Pada umumnya penderita akan mengalami demam tinggi mencapai 39-40 derajat celsius, tubuh terasa dingin, pusing berat, lemas, leher kaku, rewel (jika penderita adalah anak-anak dan balita), dan sebagan merasakan mual dan muntah-muntah dan juga merasa silau memandang cahaya.

Jika penyebabnya adalah bakteri maka biasanya akan muncul bintik-bintik merah pada kulit. Bintik-bintik tersebut berwarna merah atau pun cokelat tua yang tumbuh disekitar leher dan dada penderita.

Jika ada salah satu kerabat yang mengalami gejala seperti di atas selama 2-14 hari, segera dapatkan pertolongan dengan membawanya ke rumah sakit. Apabila ditangani dengan cara yang benar, penyakit ini bisa segera teratasi sebelum bertambah parah.

Baca Juga :  Radang Selaput Otak bisa Disembuhkan? Caranya?

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 1:01 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf