BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak.
Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional.
B. Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini bagi penulis adalah sebagai tugas kelompok Dasar- Dasar Penjas, dan bagi pembaca agar makalah ini bisa digunakan untuk menambah pengetah
uan tentang Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani.
uan tentang Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani
· Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
· Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
· Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
· Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
· Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
· Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
· Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Ada beberapa ruang lingkup pendidikan jasmani diantaranya : a. Permainan dan Olahraga; b. Aktivitas Pengembangan; c. Aktivitas Senam; d. Aktivitas Ritmik; e. Aktivitas Air; f. Pendidikan Luar Kelas; g. Kesehatan.
DAFTAR PUSTAKA
0 comments:
Post a Comment