lihat juga

Sunday, February 10, 2013

Rubah Sarung Jadi Busana Pesta

Sarung merupakan sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti pipa/tabung. Ini adalah arti dasar dari sarung yang berlaku di Indonesia atau tempat-tempat sekawasan.

Dalam pengertian busana internasional, sarung (sarong) berarti sepotong kain lebar yang pemakaiannya dibebatkan pada pinggang untuk menutup bagian bawah tubuh (pinggang ke bawah). "Kain sarung dibuat dari bermacam-macam bahan katun, poliester, atau sutera," ucap desainer Lia Mustafa.

Penggunaan sarung sangat luas, untuk santai di rumah hingga pada penggunaan resmi seperti ibadah atau upacara perkawinan. Pada umumnya penggunaan kain sarung pada acara resmi terkait sebagai pelengkap baju daerah tertentu.

Motif kain sarung yang umum adalah garis-garis yang saling melintang. Sarung untuk pakaian daerah dapat pula dibuat dari bahan tenun ikat, songket, serta tapis, bahkan motif tikar nantinya,.

"Dalam rancangan saya, banyak memanfaatkan kain sarung untuk busana pesta, acara-acara formil, dan juga busana chic untuk ke kantor," ucap Lia, saat menggelar fashion exhibition di The Phoenix.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 5:00 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf