lihat juga

Friday, February 15, 2013

Kolektor Meteorit Berlomba Untuk Menemukan Fragmen Meteor Di Rusia

http://astronesia.blogspot.com/
Sebuah lubang didanau Chelyabinsk yang dibuat meteorit pada tanggal 15 februari 2013

Astronesia-Ledakan meteor terbesar di abad ini telah terjadi di Rusia.Para kolektor sudah menuju kawasan Chelyabinsk di Rusia, berharap menemukan sebuah fragmen dari pecahan obyek seberat 7.000 ton.

NASA memperkirakan meteor Rusia memiliki diameter sekitar kira-kira 50 kaki (15 meter) ketika menghantam atmosfer pagi kemarin (15 Februari) dan meledak menjadi bola api yang lebih terang dari Matahari.

"Ini adalah peristiwa terbesar dalam hidup kita," kataagen kolektor batu Michael Farmer di Tucson, Arizona."Ini sangat menarik,mengumpulkan benda sains dan mungkin mendapatkan keuntungan" tambahnya.

Meteorit di Rusia terdiri dari apa?

Kebanyakan meteor yang masuk ke bumi akan menguap dan hancur di atmosfer,bongkahan batu cukup besar mungkin bisa mencapai tanah, kata Marc Fries, seorang ahli pelacakan meteor dan ilmuwan senior di Institut Planetary Science di Tucson.

Sementara para ilmuwan Rusia belum mengklasifikasikan meteorit itu,gambar dan video yang diposting secara online menunjukkan hasil yang gelap,Fragmen batuan tersebut ditemukan didekat kawah dekat sebuah danau beku.

"Ini memberitahu kepada saya bahwa meteorit yang ada di Rusia  itu bukan meteorit besi, sehingga kemungkinan yang tersisa adalah beberapa jenis chondrite, stony meteorit," kata Fries OurAmazingPlanet.

Meteorit besi juga lebih kecil kemungkinannya untuk hancur di atmosfir daripada meteorit batuan,sehingga Alan  Rubin menduga bahwa bola api yang terjadi di Chelyabinsk adalah sebuah meteor chondrite.Chondrites juga meteorit yang paling umum:Lebih dari 70 persen dari semua meteorit yang jatuh dan terlihat di bumi adalah chondrite, kata Rubin, seorang profesor geologi di University of California, Los Angeles.

Kolektor batu berlomba

Meteor yang jatuh terdiri dari dua kategori besar yaitu : besi dan batu. Meteorit besi terdiri sekitar 90 persen besi, sedangkan meteorit batuan terbuat dari batu dan potongan-potongan kecil logam.

Potongan meteorit di Rusia telah muncul di eBay,tapi kemungkinan besar itu palsu kata Rubin. "Gambar yang saya lihat tampak seperti terak," katanya kepada OurAmazingPlanet. (Terak adalah hasil dari peleburan bijih besi.)

Apakah meteor mengungkapkan komposisi mineral langka atau biasa, Rubin mengatakan ia akan sangat  bersemangat untuk melihat beberapa sampel.Komposisi meteorit batuan mengandung petunjuk untuk pembentukan awal tata surya, katanya.

"Dengan mempelajari meteorit dan menentukan dari mana mereka berasal, kita dapat membuat peta tata surya awal, dan memberi kita pegangan yang baik tentang asal-usul dari sistem planet secara keseluruhan," katanya.

Dealer batu Farmer mengatakan dia berencana berangkat ke Rusia sesegera mungkin. "Saya tidak akan melewatkan ini untuk dunia," katanya.

Mengumpulkan batu untuk ekspor adalah legal di Rusia dengan dokumen yang benar, Farmer mengatakan."Saya berharap banyak fragmen dari meteorit ini berada di pasar dalam beberapa hari," katanya kepada OurAmazingPlanet.

Nilai akan ditentukan oleh kelangkaan batu itu, Farmer mengatakan, apakah meteorit itu memiliki komposisi yang tidak biasa,.

Sumber: Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:45 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf