lihat juga

Saturday, February 23, 2013

Buruknya Sistem Pendidikan Indonesia

Sistem Pendidikan Indonesia Terendah Berada di Urutan Terbawah Dunia.

RizRoi.blogspot.com - Pendidikan Indonesia saat ini mungkin sudah terbilang lebih baik dari pada era-era sebelumnya, namun apakah hal itu cukup untuk dikatakan bahwa sistem Pendidikan Indonesia memang sudah mencapai level terbaiknya? Tentunya tidak, karena nyatanya dalam tabel peringkat sistem pendidikan di dunia, peringkat pertama ditempati Finlandia dan peringkat kedua yakni Korea Selatan.
Peringkat tersebut memadukan antara hasil tes internasional dengan berbagai data seperti tingkat kelulusan antara tahun 2006 sampai dengan 2010. Sedangkan Indonesia sendiri berada di posisi terbawah bersama dengan Brasil dan Meksiko.

Tentunya untuk merubah sebuah sistem akan diperlukan berbagai proses yang bertahap, apalagi untuk Pendidikan Indonesia seperti saat ini. Pendidikan Indonesia harus memiliki standar mutu yang jelas, kurikulum, serta kompetensi dari pihak-pihak terkait untuk berkomitmen secara serius meningkatkan kualitas Pendidikan Indonesia menjadi jauh lebih baik lagi.

Buruknya Sistem Pendidikan Indonesia

Anggaran pendidikan Indonesia yang mencapai 20% dalam APBN sejatinya tidak sepenuhnya dirasakan secara nyata, karena dalam prakteknya anggaran tersebut kebanyakan diserap di proses birokrasi yang banyak dikorupsi serta penggajian guru berlebih yang tak disertai dengan peningkatan kualitas guru itu sendiri. Kalau sudah begitu, apakah Pendidikan Indonesia bisa memiliki masa depan yang cerah?

Di sisi lain, lagi-lagi birokrasi merupakan bagian yang sudah kronis dalam sistem pemerintahan di Indonesia. Birokrasi yang ada dalam Pendidikan Indonesia pun juga tak lepas dari masalah ini, korupsi dan suap-menyuap yang ada harusnya bukan menjadi sebuah budaya dalam keseharian. Banyak sekali bahaya dari penyakit KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme) di negeri ini, terlebih lagi jika sudah mengenai sistem Pendidikan Indonesia.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 11:14 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf