lihat juga

Friday, February 15, 2013

Aktifitas yang Dapat Meningkatkan Memori Anak

Masa kanak-kanak adalah saat dimana seorang individu sedang mengalami proses perkembangan baik itu perkembangan yang terlihat seperti keterampilan maupun kemampuan dalam hal intelektual anak. Sebagai seorang orang tua yang baik kita harus tahu hal-hal apa saja yang bisa mempengaruhi perkembangan memori si kecil, karena pada faktanya justru para orang tua kadang kurang mampu bahkan berbuat hal yang keliru dalam memberikan sesuatu yang maksimal khususnya bagi kemampuan kecerdasan anak.

Meningkatkan Memori Anak
Mungkin sebagian orangtua menyangka bahwa berbagai aktivitas seperti mengikuti les, melakukan kegiatan tertentu yang pada umumnya menyibukan aktivitas si anak bisa membuat kecerdasan meningkat. Namun justru hal ini bisa membuat anak tertekan, mereka juga sama seperti kita, menyukai hal-hal yang menurutnya menyenangkan.

Di lain hal kegiatan-kegiatan seperti bermain di outdoor/indoor, bermain games komputer dianggap oleh para orang tua sebagai aktifitas yang buang-buang waktu dan tidak ada gunanya apalagi bermain di depan komter atau pun video game. Hal ini tentu tidak benar, hal seperti itulah yang sesungguhnya dapat membuat kemampuan memori anak meningkat dan membuatnya berpikir hebat.

Ibarat vitamin yang di komnsumsi oleh tubuh, seperti itulah contoh sederhana dari aktivitas bermain bagi anak-anak yang bisa memberikan energi baru bagi peningkatan otak anak. Namun yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah jenis-jenis permainan apa saja yang dikerjakan si kecil. Dalam permainan yang dilakukan si kecil harus hendaknya harus ada hal-hal seperti di bawah ini :

- Mind Game
Adalah permainan yang menekankan metode hafalan terhadap benda-benda atau pun urutan dari benda-benda tertentu. Hal ini bisa membuat otak anak berpikir dan merasa tertantang karena mereka menyukai hal tersebut.

- Teka-teki
Permainan jenis ini sangat bagus bagi otak anak. Hal ini karena mampu merangsang otak untuk berpikir. Permainan teka-teki seperti jigsaw atau pun teka-teki matematika sangat bagus bagi anak-anak.

- Aktivitas Koordinasi
Permainan outdoor seperti bermain tenis,bulutangkis, bola pingpong atau pun bola basket sangat bagus untuk melatih kooordinasi antara aktivitas fisik dengan otak. Bermain musik seperti piano, drum, gitar, dsb adalah salah satu teknik terbaik untuk melatih koordinasi anak. Hal ini dapat membuat aktivitas memori anak meningkat.

Kesimpulannya, bermain tidak selalu menjadi hal yang buruk bagi anak-anak, akan sangat bagus apabila aktivitas-aktivitas seperti belajar pun dilakukan dengan bermain. Bermain sambil belajar.

Semoga bermanfaat.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:39 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf