lihat juga

Thursday, March 17, 2011

Foto Reaktor Nuklir Jepang

Radiasi Nuklir Jepang yang timbul akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang menyebabkan meledaknya reaktor nuklir yang berindikasi timbulnya radiasi yang cukup parah akibat kejadian ini sangat mengkhawatirkan mengingat Ancaman dari reaktor nuklir Jepang yang rusak akibat gempa sangat tinggi.

Bencana gempa yang telah mengakibatkan rusaknya reaktor Fukushima Unit 1 sampai 4 termasuk dalam skala 4 dalam INES (International Nuclear and Radiological Event Scale). Hal ini berarti lingkup kecelakaan masih berada di sekitar PLTN Fukushima. Rusaknya gedung reaktor, suppression pool (kolam penurun tekanan) dan kebakaran pada gedung reaktor yang berfungsi untuk menyimpan bahan bakar bekas. Ledakan yang terjadi adalah gas hidrogen yang terakumulasi akibat reaksi air dengan selongsong bahan bakar pada suhu tinggi.

Namun demikian, dinding reaktor masih terjaga dengan baik, dan mampu menahan bahan bakar nuklir serta menjaga agar zat radioaktif yang keluar ke lingkungan minimal.

Disebutkan, kerusakan juga tidak sampai mengakibatkan peristiwa seperti Chernobyl yang masuk dalam skala 7 maupun Three Mile Island yang masuk dalam skala 5 INES. Skala 5 menyebabkan lelehnya bahan bakar di teras reaktor.

Bukan hanya itu, dikabarkan dosis radiasi terukur saat ini adalah 400,000 mikroSv/jam di daerah yang berdekatan dengan reaktor Fukushima, dan ini dapat menggangu kesehatan tubuh dan keselamatan jiwa banyak orang sehingga kita semua harus mewaspadai bahaya radiasi nuklir jepang ini.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 9:06 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf