lihat juga

Saturday, March 19, 2011

6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan yang Baik dan Benar

Masalah menurunkan berat badan pasca melahirkan merupakan masalah yang paling banyak di keluhkan oleh wanita, khususnya yang melahirkan secara caesar.

Seperti kita ketahui pasca melahirkan banyak wanita yang sulit untuk mendapatkan berat ideal seperti sebelum mereka melahirkan, masalah ini cukup sering memicu stres pada wanita yang baru selesai melahirkan.

Fatloss atau menurunkan berat badan untuk wanita pasca melahirkan sebenarnya tidak terlalu sulit asal anda berniat untuk kembali mendapatkan tubuh ideal anda. nah berikut ini ada sedikit tips terbaik dari bidanku.com yang LM kutip untuk para bunda yang ingin diet pasca melahirkan.

1. Menyusui
Beberapa penelitian mengungakapkan bahwa aktifitas menyusui bayi bisa membantu ibu untuk menurunkan berat badannya atau fatloss secara bertahap, setidaknya selama 6 bulan setelah kelahiran. Dalam proses ini sejumlah hormon akan dilepaskan ke dalam tubuh, hormon-hormon inilah yg akan membantu rahim untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula seperti sebelum hamil. sebagai informasi ketika menyusui itu berarti sama dengan membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari. Jumlah kalori yang sama jika anda berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam.

2. Olahraga
Konsultasikan dengan dokter, olahraga apa yang aman dilakukan dan kapan bisa mulai dilakukan. Ini penting terutama bagi ibu yg melahirkan melalui operasi Caesar dan yang ingin fatloss secara alami. Usahakan cari teman juga yg habis melahirkan dalam berolahraga agar bisa saling memotivasi.

3. Bercengkerama Dengan Bayi
Salah satu cara yang menyenangkan adalah beraktifitas dengan bayi, jalan pagi bersama sang bayi contohnya. Secara tidak langsung ini akan membakar lemak atau fatloss dalam tubuh.

4. Mengubah Kebiasaan Makan
Lebih baik makan 3 kali sehari dengan menu komplit daripada makan satu kali tapi di tambah cemilan yang manis dan kurang menyehatkan misalnya cokelat, snack. Untuk ibu yg masih menyusui jangan lupa memperhatikan kecukupan gizi dalam makanan yg dikonsumsi.Jangan lupa banyak mengkonsumsi air putih.

5. Tidur Cukup
Mungkin Anda tidak bisa tidur penuh selama 8 jam per malam karena harus merawat bayi Anda. Tapi, kurang tidur bisa menghalangi usaha Anda menurunkan berat badan atau fatloss. Saat lelah, tubuh akan melepaskan cortisol serta hormon-hormon stres lainnya yang bisa memicu penambahan berat badan.Selain itu, saat kelelahan, Anda cenderung tidak akan memperhatikan kebutuhan Anda. Anda tidak akan terlalu memperhatikan mana makanan yang sehat. Anda bahkan cenderung memilih makanan yang bisa diolah dan diperoleh dengan mudah. Selain itu, Anda akan semakin malas melakukan aktivitas fisik.

Mungkin Anda sudah sering disarankan untuk ikut tidur saat bayi Anda tidur, dan ini benar adanya. Tidur ayamlah sesering mungkin sepanjang hari dan tidurlah lebih awal, paling tidak sampai bayi Anda mulai tidur.

6. Minta bantuan
Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan atau fatloss, mintalah bantuan dokter dan pakar diet Anda. Pakar diet dan fatloss ini bisa membantu Anda menyusun rencana makan yang membantu Anda menurunkan berat badan secara aman dan efektif. Sedangkan dokter bisa menuntun Anda dalam menentukan jumlah berat badan yang harus diturunkan dan kapan saat yang tepat untuk mulai berolahraga.

Semoga tips diatas mampu membantu para bunda yang ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan khususnya yang melahirkan secara caesar.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 9:23 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf