lihat juga

Friday, October 1, 2010

Terungkap: Penguin raksasa setinggi lima kaki merah yang berjalan tertatih-tatih Bumi lebih dari 36 juta tahun lalu


Penguin prasejarah raksasa yang berjalan tertatih-tatih di Bumi lebih dari 36 juta tahun lalu telah ditemukan oleh para pemburu fosil.

Binatang dengan tinggi lima kaki yang dijuluki "Raja Air" dan dinamai "Penguin Pedro" adalah dua kali ukuran penguin sekarang dan ditutupi dengan bulu merah dan coklat.

Tidak seperti penguin sekarang, Penguin yang susah terbang ini tinggal di daerah tropis yang suka berburu di air dengan paruh seperti tombak itu .

Raja Air ditemukan oleh seorang mahasiswa Peru di Cagar Paracas di pantai timur Peru.

Ia hidup pada pertengahan waktu antara akhir dinosaurus dan hari modern ketika bumi itu jauh lebih hangat dari sekarang dan saat ketika burung raksasa prasejarah dan mamalia berkeliaran dunia.

Dan dr Ksepka, dari North Carolina State University, mengatakan: "Kami menemukan bulu masih menempel pada sayap, serta beberapa bulu kontur tubuh yang lebih kecil, yang pada penguin modern berfungsi untuk tahan air mereka dan mengatur suhu tubuh mereka.

http://img26.imageshack.us/img26/4766/article00b6aa006000005d.jpg

Para peneliti bekerja melihat warna dari penguin raksasa dengan melihat melanosomes bulu dari fosils - pigmen kecil membawa struktur dalam sel yang memberikan warna rambut dan bulu.

Berbeda dengan penguin modern, yang didominasi hitam dan putih, Raja Air abu-abu lembut atau warna coklat kemerahan, nuansa biasanya ditemukan pada bayi penguin, laporan para ilmuwan di jurnal Science.



" Beberapa bulu yang kami temukan sudah hilang, jadi kami tidak bisa memastikan bahwa bulu berwarna itu sebaris "
kata Dr Ksepka.

"Tapi fitur dari tulang mengatakan bahwa ini adalah fosil khusus dewasa sepenuhnya dewasa, bukan remaja, sehingga menemukan warna coklat dan abu-abu adalah kejutan."

Fosil menunjukkan bahwa bentuk sirip dan bulu yang membuat penguin perenang yang baik seperti berevolusi awal dalam sejarah burung - tetapi bahwa warna hitam dan putih adalah perkembangan lebih baru.

Ia memiliki bulu sayap yang padat dan ditumpuk di atas satu sama lain untuk membentuk kaku, sirip yang sempit. Bulu tubuhnya memiliki lubang yang luas yang membantu burung berenang.

Semua penguin raksasa yang pernah berkeliaran di bumi prasejarah mati, meninggalkan varietas yang lebih kecil yang saat ini hanya ditemukan di Antartika.

"Sebelum fosil ini, kami tidak memiliki bukti mengenai bulu, warna dan bentuk sirip penguin kuno. Kami memiliki pertanyaan dan ini adalah kesempatan pertama kami untuk memulai menjawab mereka,." Kata Dr Julia Clarke, paleontologis di The University of Texas di Austin dan penulis utama laporan tersebut.

Penguin hidup terbesar adalah Penguin Emperor - yang berdiri sekitar empat kaki tinggi.

sumber : dailymail



ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 10:15 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf