lihat juga

Saturday, October 9, 2010

Hewan berkaki tangan Axolotl : Hewan yang mirip Mudkip di Pokemon








Mungkin bagi yang pernah memainkan game "Pokemon" sudah tidak asing agi mendengar nama Pokemon yang namanya Mudkip . Namun tahukah kalian bahwa Mudkip itu adalah Pokemon yang diilustrasikan dari hewan berkaki empat yang berasal dari negara Meksiko ini .

Axolotl bukanlah ikan namun sejenis salamander langka . Panjang Axolotl bisa mencapai 30 cm, tetapi rata-rata ukurannya hanya 15 cm .

Warna tubuh mereka rata-rata hitam atau coklat kepirangan dan banyak juga yang albino dengan warna yang lucu misalnya merah muda. Hewan ini memiliki insang yang berada diluar tubuhnya.



Insang ini tampak berada disamping kepalanya sehingga sepintas tampak seperti tanduk. Orang-orang Timur sering menimbulkan fantasi yang dikaitkan pada suatu legenda mengenai ular naga sehingga tidak jarang mereka disebut juga sebagai ikan naga.

Nama Axolotl di ambil dari bahasa Aztec yang berarti anjing air. Axolotl masih bersepupu dekat dengan tiger salamander. Uniknya, hewan ini bermetamorfosis hanya bila dalam keadaan terpaksa, terpaksa dalam hal ini adalah jika tempat mereka hidup sumber airnya mengering, maka Axolotl dapat bermetarmorfosis ke bentuk darat dan jika sudah ada air kembali maka Axolotl dapat kembali ke wujud air.

Bentuk darat dari axolotl mirip dengan bentuk larvanya, dengan perbedaan insang yang menghilang, ekor yang lebih kompres dan mata yang nampak menonjol. Kehadiran hormon tertenu diketahui dapat memicu axolotl bermetamrofosis kedalam bentuk reptil darat. Selain itu penambahan sejumlah kecil iodine kedalam air juga bisa memicu hal yang sama.



Axolotl selalu hidup dalam air dan suka memakan ikan kecil, cacing, dan larva. Hewan ini terkadang muncul di permukaan air, tetapi ada juga yang menjelang dewasa dan bertambah besar tidak pernah timbul di permukaan air dan hanya tinggal di dasar danau selama hidupnya.

Salamander jenis ini digolongkan dalam jenis berbahaya, karena dapat menyemburkan racun asin dari mulutnya, namun jika kelenjarnya di buang dengan benar maka hewan ini dapat di jadikan peliharaan yang lucu.



Berikut Video Axolotl :



ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:38 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf