lihat juga

Saturday, February 16, 2013

Bola Api Meteor Juga Terlihat Di Langit California

http://astronesia.blogspot.com/

Astronesia-Ini benar-benar terlihat seperti langit sedang runtuh,atau paling tidak seperti di film Armageddon yang di bintangi oleh Bruce Willis yang memperlihatkan Bumi seakan-akan di serang oleh ribuan meteor.

Menurut laporan media seperti yang dilansir dari Space.com, sebuah bola api melesat di atas langit California Bay Area malam Jumat (15 Februari), hanya berselang beberapa jam setelah satu meteor terang dan meledak di atas kota Chelyabinsk,Rusia dan saat sebuah Asteroid berukuran 150 kaki ((45 meter) melakukan rekor pendekatannya terhadap Bumi.

Bola api di California Bay terlihat hari jumat, sekitar pukul 19:45 waktu setempat (Sabtu,22:45 EST, 0345 GMT) seperti yang dilaporkan NBC Bay Area.Meteor ini tampaknya memiliki warna kebiruan serta terlihat di beberapa wilayah seperti Fairfield utara dari San Francisco Bay ke Gilroy, yang terletak di selatan San Jose.

Dalam peristiwa ini,tidak ada korban yang luka.Tidak seperti di Rusia yang banyak menimbulkan korban.Ledakan di Chelyabinsk Rusia menghasilkan gelombang kejut yang kuat yang merusak ratusan bangunan dan melukai lebih dari 1.000 orang.

Peristiwa bola api meteor di Rusia adalah ledakan benda angkasa terbesar sejak peristiwa Tunguska Siberia 1908 yang meratakan 825 mil persegi (2.137 kilometer persegi) hutan,kata ilmuwan NASA.





Saat asteroid 2012 DA14 melintas dekat bumi yang juga berlangsung pada hari Jumat, peristiwa ini tidak menghasilkan bola api di atmosfer,tapi momen ini cukup dramatis.

Batu ruang angkasa itu berada dalam jarak 17.200 mil (27.000 km) dari bumi,lebih dekat dari orbit satelit geosynchronous yang mengelilingi planet ini.

Batu ruang angkasa yang menghasilkan bola api seperti di Chelyabinsk tidak ada hubungannya dengan asteroid 2.012 DA14,kata ilmuwan NASA menekankan.Tapi ketiga peristiwa ini terjadi hampir bersamaan,ataukah hanya sebuah kebetulan.

Sumber: Space.com 

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:34 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf