lihat juga

Saturday, December 4, 2010

Piala AFF: Indonesia hajar Laos 6-0


Kedigdayaan tim Merah Putih Indonesia kembali terlihat di pertandingan keduanya di ajang Piala AFF setelah memangkas Laos dengan keunggulan enam gol tanpa balas di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (4/12).

Kemenangan ini tentu saja membuat timnas Indonesia keluar sebagai juara Grup A, mengingat perolehan enam angka dari dua pertandingan yang telah dijalani oleh mereka sulit disamai Thailand, yang pada pertandingan sebelumnya bermain imbang tanpa gol dengan Malaysia.

Dalam kurun waktu setengah jam pertama, Indonesia masih bermain monoton dengan melambungkan bola langsung ke depan untuk diberikan kepada Gonzales dan Irfan Bachdim.

Timnas Indonesia memecah kebuntuan dari titik penalti di menit ke-28, saat Cristian Gonzales dijatuhkan di kotak terlarang oleh Saynakhonevieng Phommapanya, sehingga eksekusi yang diambil oleh kapten Firman Utina dengan dingin mampu diselesaikan olehnya.

Tidak lama kemudian blunder pemain bertahan Laos kembali dimanfaatkan oleh Muhammad Ridwan yang dengan lincah merebut serta menggiring bola ke dalam kotak pertahanan lawan sebelum tendangannya sempat membentur bek Laos yang masuk ke dalam gawang.

Selepas istirahat permainan anak-anak asuhan Alfred Riedl tampil kian mengganas dan hasilnya kerja sama apik M.Ridwan membuat sang kapten Firman Utina kembali menceploskan gol keduanya di laga ini dengan tendangan silang ke sudut kiri gawang.

M.Ridwan menyia-nyiakan peluang matang di menit ke-60 meski sudah berada dalam posisi bebas, namun tendangannya justru melambung ke atas mistar gawang, kendati di sisi kiri Gonzales berharap umpan darinya.

Dua menit kemudian gawang Laos kembali bergetar. Kali ini kerja sama apik antara dua pemain naturalisasi Gonzales kepada Bachdim berujung dengan gol apik yang terarah ke pojok kanan gawang.

Serangan balik yang diciptakan oleh pemain-pemain Indonesia hampir saja membuahkan gol kelima bila aksi solo-run Bachdim tidak berujung dengan tendangan yang masih berada tipis di sisi kanan gawang.

Pergantian pemain kembali dilakukan oleh pelatih Alfred Riedl dengan memasukkan Arif Suyono, Bambang Pamungkas dan Benny Wahyudi.

Lagi-lagi pergantian tersebut memberikan angin segar bagi Indonesia dan Arif Suyono berhasil memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Laos yang dengan cerdik menceploskan bola tepat di mulut gawang.

10 menit menjelang bubaran Indonesia mengungguli setengah lusin gol ke gawang Laos dengan aksi individu brilian yang ditunjukkan oleh Oktovianus Maniani untuk mempersembahkan gol perdananya bagi Merah Putih di ajang internasional.

Tetapi menjelang menit-menit akhir, Pemain-pemain Indonesia seperti Oktovianus, Arif Suyono dan Bachdim terlihat lebih mengandalkan aksi individu ketimbang kerja sama tim.

Hasil ini sudah cukup memberikan nilai plus bagi pelatih Alfred Riedl dalam membangun kerangka tim nasional Indonesia ke babak berikutnya di ajang Piala AFF.

Susunan pemain:
Indonesia: Markus Harison; Mohammad Nasuha, Zulkifli Syukur (Benny Wahyudi 73'), Maman Abdurahman, Hamka Hamzah; Oktovianus Maniani, Firman Utina (c); Ahmad Bustomi, Muhamad Ridwan (Arif Suyono 69'); Cristian Gonzales (Bambang 66'), Irfan Bachdim

Laos: Sengphachan Bounthisanh; Saynakhonevieng Phommpanya, Kitsada, Ketsada Souksavanh, Khamla Pinkeo (Soukhaphone, 54'); Lamnao Singto, Keoviengphet Lithideth, Kaysone Soukhavong, Konekham Inthammavong; Soukaphone Vongchiengkham (Kovanh, 54'), Khampheng Sayavutthi (Visay, 64')

(via detiksport)
Foto: Aksi pemain timnas yang saat ini paling dibicarakan, Irfan Bachdim (17) dalam pertandingan melawan Laos, Sabtu (4/12/2010). Irfan tampil menawan dan menyumbangkan sebuah gol dalam pertandingan tersebut yang berakhir dengan skor 6-0 untuk kemenangan Indonesia. (gettyimages)

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 7:59 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf