lihat juga

Sunday, February 3, 2013

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Makan Kulit Apel

Anda suka buah apel? Pasti suka donk ya, selain rasanya enak dan manis buah bernama latin Mulus domesticaini  ini juga mempunyai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ketika memakan buah apel, jangan terburu-buru dulu membuang kulitnya. Walaupun terlihat sepele namun kandungan dan manfaat kulit apel tak kalah penting daripada daging buahnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Makan Kulit Apel
Menurut Konsultan gizi asal Jogjakarta, Ristinawati yang mengatakan bahwa “Kulit apel memiliki aktivitas antioksidan dan bioaktivitas yang lebih tinggi dari pada buahnya,” Kandungan zat quercetin dalam kulit apel bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan zat quarcetin dalam kulit buah apel memiliki aktivitas antioksidan 4,5 kali dibanding daging buahnya yang hanya memiliki aktivitas antioksidan satu kali. Daging buah apel memiliki kandungan zat karoten dan pektin.

Zat karoten berperan sebagai vitamin A dan vitamin C sekaligus sebagai antioksidan sedangkan pektin sebagai serat yang dapat larut dalam air. Zat pektin tersebut bermanfaat memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Sedangkan kulit buahnya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, akan sangat baik jika mengkonsumsi buah apel tidak hanya daging buah tetapi juga kulitnya.

Zat antioksidan dalam buah berwarna merah dan hijau ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, serta melawan kolesterol jahat.

Salah satu pemasar sirup apel Dewi Tita juga menyampaikan agar ketika mengkonsumsi buah apel jangan mengupas kulit buahnya, karena nutrisi dalam kulit apel sangat kaya manfaat, “Kalau dalam keterangan manfaat, kulit dan buahnya bisa mengontrol kadar gula dalam darah juga,” tuturnya.

Beliau juga menambahkan bahwa manfaat apel sangat berguna bagi penderita kolesterol tinggi dan juga diabetes karena kadar gula yang rendah dalam buah ini.

Namun harus diperhatikan ketika memakan buah apel jangan lupa membersihkan sampai bersih kulitnya. Jangan sampai ada bakteri dan kuman yang akhirnya masuk ke dalam tubuh. Disarankan agar mencuci dengan memasukan apel ke dalam air hangat, selain membuat apel bersih juga bisa melepaskan lapisan zat lilin pada buah ini.

Semoga bermanfaat.


ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 11:38 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf