lihat juga

Sunday, February 3, 2013

Kru ISS Bisa Nonton Football Dari Luar Angkasa

Perbandingan ISS dan lapangan Football amerika

Astronesia-Astronot yang tinggal di Stasiun Luar Angkasa (ISS) dapat menyaksikan perhelatan akbar olahraga football khas Amerika yang digelar 3 Februari 2013. Melalui Mission Control NASA di Johnson Space Center, badan antariksa Amerika Serikat ini akan menyiarkan secara langsung pertandingan football ke ISS.

Dilansir Nbcnews, Minggu (3/2/2013), enam astronot yang kini tinggal di luar angkasa (ISS), mungkin tidak mendapatkan gravitasi, makanan segar atau shower untuk mandi. Namun, mereka tidak akan melewatkan pertandingan yang digelar pada Minggu, The Super Bowl.

Pertandingan Super Bowl XLVII antara San Francisco 49ers dan Baltimore Ravens akan disiarkan langsung ke ISS. Sehingga, kru astronot di luar angkasa bisa nonton bareng (nobar) pertandingan besar tersebut dengan penggemar football yang ada di Bumi.

"Ya, mereka (astronot) bisa menyaksikan pertandingan football itu pekan ini," kata juru bicara NASA, Josh Byerly kepada Space.com. Byerly mengatakan, Mission Control membuat titik khusus pada hari Jumat (1 Februari 2013) dengan menanyakan kepada kru astronot apakah mereka ingin menonton pertandingan bola.

"Dan mereka mengatakan mereka pasti ingin melihatnya," tutur Byerly. Saat ini, Stasiun Luar Angkasa menjadi rumah bagi dua astronot Amerika.

Dua astronot ini antara lain Kevin Ford sebagai komandan dan insinyur penerbangan Tom Marshburn. Selain dua astronot Amerika, terdapat juga astronot Chris Hadfield dari Kanada dan kosmonot Rusia, Evgeny Tarelkin, Oleg Novitskiy serta Roman Romanenko.

Para astronot ini tengah menjalankan misi tim Expedition 34. Uniknya, terdapat kemiripan luas lapangan football ini dengan ukuran panjang dan lebar Stasiun Luar Angkasa. Wikipedia menerangkan, ISS memiliki panjang 73 meter, lebar 52 meter serta tinggi 27,5 meter.

Seperti dilaporkan sebelumnya oleh situs The Inquisitr, NASA memasang lampu LED di ISS ini untuk membantu kru astronot yang mengalami insomnia. Namun, pertandingan penentuan dua tim football ini tampaknya akan membuat mereka untuk tetap terjaga.

Sumber: Okezone.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 7:13 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf