lihat juga

Friday, July 29, 2011

Kaki sehat, langkah pun ringan




Selain kulit yang kering di bagian betis dan lutut, masalah kelembapan tinggi bisa menjadi sumber penyakit di telapak kaki. Banyaknya aktivitas di dalam maupun di luar ruangan terkadang menuntut seseorang mengenakan sepatu tetutup. Lama lama, kaki bisa menjadi lembab. Kelembapan yang tinggi pada kaki bisa memicu timbulnya jamur kulit. Apalagi jika kurang menjaga kebersihan diri, terutama kaki dan kaus kaki, berbagai penyakit akibat infeksi jamur bisa menyerang kaki.


Ciri kaki yang terinfeksi jamur adalah munculnya bau tak sedap dari kaki, kaki terasa gatal dan nyeri, kulit diantara jari kaki terkelupas, radang, daerah yang terinfeksi menjadi kulit mati dan putih, lembab dan melepuh. Salah satu penyakit pada telapak kaki adalah athlete's foot atau tinea pedis .

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan bisa menular saat berjalan dengan kaki telanjang di tempat tempat umum. Misalnya, lantai di gymnasium, lantai kolam renang, salon kecantikan kuku dan lain lain. Jika dibiarkan, jamur akan menyebar ke area telapak kaki, sisi kaki, dan kuku kaki. Infeksi bakteri pada kaki bisa diketahui saat kaki beraroma tak sedap.


Hingga kini, belum diketahui secara pasti jamur yang menyebabkan athlete's foot. Namun, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat anti jamur yang juga mengandung antibakteri. Begitu selesai diobati dan sembuh, tidak berarti anda bisa bebas selamanya dari penyakit ini.


Untuk itu, anda sebaiknya memperhatikan kondisi kaki dengan menjaga kebersihannya. Caranya, cuci dan keringkan kaki, gantilah kaus kaki dan cuci dalam air bersuhu 60 derajat celcius. Sebaiknya, anda memilih kuas kaki dari bahan katun dan sepatu yang menyerap keringat dengan baik. Untuk mencegah timbulnya "mata ikan" ( Benjolan pada kaki) kenakan sepatu atau sandal sesuai dengan ukuran.


Secara rutin, potong kuku jari kaki lurus dan tidak terlalu dalam untuk mencegah infeksi. Terakhir , hindari berjalan dengan kaki telanjang untuk menghindari kaki dari resiko cedera dan infeksi. Dengan kaki bersih dan sehat, anda pun bisa melangkah dengan ringan dan penuh percaya diri.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 2:51 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf