lihat juga

Friday, February 8, 2013

Politik Rieke Dyah Pitaloka Gunakan Rasa Seni

Politik Rieke Dyah Pitaloka Gunakan Rasa Seni

Rieke Dyah Pitaloka
[imagetag]

Rieke Dyah Pitaloka



Kapanlagi.com

- Lama terjun di dunia politik, aktris Rieke Dyah Pitaloka tidak lupa dengan dunia yang sudah membesarkan namanya, yaitu seni. Pencalonannya sebagai orang nomor satu di Jawa Barat, pemeran Oneng dalam sitkom BAJAJ BAJURI itu melihat adanya kesinambungan antara politik dan seni.

"Saya pekerja seni, politik dan seni seperti mata uang di dua sisi yang berbeda. Saat jadi pekerja seni, saya tidak hanya mencari uang, tapi saya sadar betul, bahwa karya saya, entah itu sinetron atau fillm, naskah teater atau film, monolog, menulis puisi itu bisa mempengaruhi banyak orang. Di situlah politik," kata Rieke, ditemui di Gedung Sate, Bandung, Kamis (7/1).

[imagetag]

"Tapi kemudian politik juga butuh seni. Karena kita tidak mungkin berkarya, sebagai pekerja seni yang bisa dinikmati orang lain, mau menyanyi itu pakai ekspresi. Kalau saya tidak menghayati peran Oneng, ya kumaha? Tidak berhasil jadi Oon (panggilan Oneng) dong. Jadi itu pakai perasaan dan empati. Itu juga yang mempengaruhi kebijakan-kebijakan dalam langkah politik," sambung Rieke.

Oleh karena itu, ibu tiga anak itu tidak menggunakan seni untuk politiknya. Justru sebaliknya, politik yang diterapkannya berlandaskan seni.

"Jadi jangan hanya dipakai untuk kepentingan politik saja. Bahaya itu, politik itu justru harus berlandaskan pada seni dan budaya. Makanya visi misi kami tidak pakai angka mati, tapi pakai rasa. Salah satunya lewat seni itu," tandas Rieke.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 11:31 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf