lihat juga

Wednesday, February 20, 2013

Makan Kerang bisa Mengobati Kanker

Makan Kerang bisa Mengobati Kanker
Kerang adalah salah satu jenis hewan laut yang lumayan banyak diganrungi oleh sebagian orang. Selain rasanya yang nikmat ternyata terdapat segudang manfaat dari hewan laut yang kerap kali dibuat sebagai menu masakan seafood di restoran ini. Salah satu diantaranya adalah bisa mengobati penyakit kanker.

Dikutip dari Sidomi, sebuah penelitian yang dilakukan di Washington untuk mengetahui manfaat kerang bagi penderita kanker. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa jenis protein yang dimiliki oleh hewan laut ini berguna untuk melawan sel penyebab kanker. Kini para peneliti sedang membuat sebuah protein yang memiliki kesamaan dengan protein yang dimiliki kerang guna mengobati penyakit kanker.

Habitat hidup kerang di laut memang sungguh luar biasa. Hewan tersebut mampu bertahan dalam kuatnya arus lautan dan memilih menempel ke sebuah benda agar kerang tidak hanyut. “Kerang bisa menempel pada batu dan dapat menahan berat orang yang sudah dewasa” kata Herbert Waite, ahli biologi molekuler dari University of California.

Kemampuan kerang yang bisa menempel dengan kuat dalam suatu benda dipengaruhi oleh sebuah zat yang bernama byssus. Peneliti menemukan bahwa ternyata Byssus adalah salah satu jenis protein. Protin tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk merekonstruksi jaringan tubuh manusia yang rusak.

Seorang profesor teknik biomedis di Northwestern University , Phillip Messersmith juga mengatakan bahwa Kerang memiliki peran dalam rekonstruksi jaringan dalam tubuh manusia, hal ini berguna untuk memperbaiki membran janin prematur yang pecah, atau kelahiran prematur dan komplikasi serius lainnya.

Hal ini juga berarti mampu memperbaiki sel yang tidak normal atau sudah rusak yang diakibatkan oleh kanker. Nah kerang inilah yang bisa membantu sel tubuh dapat kembali seperti semula.

Hingga saat ini, Prof Messersmith dan timnya masih bekerjasama dengan para peneliti di Eropa untuk menguji klinis protein tersebut. Tim lainnya bekerja untuk mengembangkan versi sintetis dari perekat kerang yang bisa membantu memperbaiki gigi dan tulang patah.

Baca Juga :  Khasiat Tutut bikin Tulang Kuat

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:17 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf