lihat juga

Tuesday, February 12, 2013

Josefine Villaverde Meluncurkan Karier Politiknya

Josefine Villaverde meluncurkan karier politiknya dalam usia 101 tahun. Ia akan bertarung sebagai calon Partai Sosialis di Cuntis, desa Galicia di bagian barat-laut Spanyol, dalam pemilihan tingkat kotapraja pada 22 Mei. Villaverde, yang dilahirkan pada 19 November 1909, siap dan antusias. Ia mencari dukungan di jalan-jalan di kota kecil tempat tinggalnya dan mengumbar janji kampanye Menang buat Cuntis.

Dengan wajah yang dihiasi senyum dan rambut pendek warna putih, ia mengenang saat ia memberi suara dalam usia 24 tahun di sekolah setempat pada 19 November 1933, pemilihan umum pertama yang dibuka buat perempuan setelah parlemen memberi persetujuannya dua tahun sebelumnya.

Josefine Villaverde meluncurkan karier politiknyaSuaminya telah memberi dia kertas suara di pintu sekolah itu sebagai formulir hadiah ulang tahun. Ia memberi kertas suara itu kepada Villaverde, Villaverde masuk dan menaruhnya di tempat kertas suara. Itu lah untuk pertama kali perempuan memberi suara di Spanyol. Demikian penuturan Villaverde kepada harian El Mundo sebagaimana dikutip AFP pada hari sabtu.

Di antara politikus saat ini, Villaverde mendukung Menteri Pertahanan Carme Chacon sebab ia seorang perempuan. Karana Perempuan memangku jabatan dan harus di pertahankan, menurut Villaverde.  Chacon dapat jadi calon untuk mengambil-alih pimpinan Partai Sosialis dari Perdana Menteri Jose Luis Rodriguez Zapatero, yang telah memutuskan untuk tidak mencalonkan diri lagi dalam pemilihan umum mendatang pada 2012.

Villaverde mengakui ia suka memilih Zapatero, karena ia tampan dan ia adalah orang baik. Yang paling buruk ialah ia pensiun, ada-ada saja. Villaverde, janda sejak 1973, dengan tiga cicit dan seorang buyut, mengatakan ia telah jadi seorang sosialis sejak dilahirkan dan sangat suka berbicara tentang politik.  Kamu mesti memberi suara bukan untuk temanmu tapi buat prinsip kamu, kata Villaverde kepada El Mundo yang kanghari kutip melalui televisi.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:30 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf