lihat juga

Friday, February 8, 2013

Cara Diet Minum Kopi

Bagi banyak orang, kopi sudah menjadi minuman wajib untuk membantu menambah energi atau meningkatkan konsentrasi.

Untuk Anda yang sedang berdiet, kopi juga bisa membantu Anda mengurangi berat badan, lho.

Namun, Anda harus memilih dengan cermat tambahan bahannya. Karena ketika Anda gemar menikmati kopi, dan sulit menurunkan berat badan, ada kemungkinan tambahan susu, krim, gula, dan sirup penambah citarasalah yang jadi penyebabnya.

Kalau Anda sering menambahkan creamer dan sirup karamel sebanyak-banyaknya, bisa jadi Anda sudah membuat kopi secangkir setara dengan 200 kalori! Itu belum termasuk cake atau cookies yang menemani sesi ngopi Anda.

Untuk mengurangi asupan kalori dan gula, ini yang bisa Anda pilih:

Kopi hitam tanpa gula

Kopi hitam tanpa gula menjadi pilihan terbaik untuk membantu penurunan berat badan. Secangkir kopi hitam hanya mengandung tidak lebih dari 5 kalori. Tanpa tambahan susu, krim, atau gula, kopi hitam mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang mengancam kesehatan kita.

Kopi juga membantu Anda agar lebih waspada, dan memberikan energi tambahan jika Anda harus berolahraga. Oleh karena itu, Anda bebas menikmatinya tanpa merasa bersalah, khususnya ketika sedang diet.

Dengan susu tanpa gula

Kalau Anda kurang suka kopi hitam, pasti Anda membutuhkan bahan lain untuk mengurangi rasa pahitnya. Kalau ini yang Anda butuhkan, pilih saja susu bebas lemak seperti susu kedelai atau susu rendah kalori.

Hindari mencampur kopi dengan krim yang mengandung kalori yang tinggi dan lemak tak jenuh. Meski begitu, tetaplah ingat bahwa susu bebas lemak pun mengandung kalori dan gula. Dengan demikian, semakin sedikit Anda menambahkannya, semakin sedikit kalori yang Anda konsumsi. Susu kental manis tidak disarankan jika Anda berniat diet, karena kandungan gulanya yang tinggi.

Pemanis bebas kalori

Bagi sebagian orang, yang membuat kopi jadi sedap adalah gula dan tambahan citarasa lain. Bila sedang memprogram penurunan berat badan, gunakan pemanis bebas kalori. Batasi konsumsi pemanis buatan tak lebih dari satu sachet saja setiap hari. Sebab, meskipun lebih rendah kalorinya, pemanis buatan bukan pilihan terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Kemudian, jika Anda ingin menambahkan citarasa lain seperti vanila, moka, hazelnut, atau karamel, pastilah Anda memilih yang bebas gula. Jika tidak, penambah rasa dalam bentuk sirup hanya akan menambah kalori saja.

Sedikit gula saja

Jika Anda hanya ingin mempertahankan berat badan yang normal, boleh saja menambahkan gula untuk kopi hitam atau kopi susu Anda. Batasi asupannya hingga satu sendok teh atau satu sachet saja. Kopi menjadi lebih sedap namun Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Lebih dari itu semua, kopi tetaplah harus dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Bagaimana pun, konsumsi kopi berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi (karena kopi bersifat diuretik, yang menyebabkan Anda sering buang air kecil), dan jantung berdebar.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 12:00 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf