lihat juga

Wednesday, February 6, 2013

Bumi Alien Terdekat Mungkin Berjarak 13 Tahun Cahaya Jauhnya

http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi bintang katai merah beserta planetnya

Astronesia-Sebuah planet mirip Bumi yang asing mungkin berada tepat di belakang tata surya kita.Jaraknya di perkirakan hanya berjarak kurang lebih 13 tahun cahaya dan astronom mengumumkannya hari ini.

Angka itu hanya perkiraan dan tidak didasarkan pada penemuan planet ekstrasurya.

Para peneliti menggunakan data dari NASA Kepler, yang menatap lebih dari 150.000 bintang secara bersamaan.Kepler mendeteksi planet dengan mengukur kecerahan sementara yang disebabkan ketika planet lewat di depannya, atau transit.

Tim mengeluarkan sampel 3.897 bintang kerdil merah (bintang redup dan lebih kecil dari matahari kita) dan menetapkan bahwa Kepler telah mengidentifikasi 95 kandidat planet ekstrasurya mengitari mereka.Tiga dari planet itu kira-kira seukuran Bumi dan orbit bintang nya masuk kedalam zona Goldilocks di mana air cair bisa berada.

Dalam perhitungan, sekitar 6 persen dari bintang kerdil merah di galaksi Bima Sakti harus menjadi rumah planet mirip Bumi, kata para astronom.

Karena sekitar 75 persen galaksi,terdiri dari 100 miliar bintang kerdil merah,memiliki sekitar 4,5 milyar planet bumi asing tersebar di seluruh galaksi.Tim peneliti menekankan bahwa ini bersifat sementara karena distribusi bintang bervariasi.

Sekitar 30 tahun cahaya dari matahari kita, terdapat 248 bintang kurcaci merah, menurut survei terpisah yang dilakukan oleh Research Consortium on Nearby Stars,sebuah kelompok astronomi internasional yang dipimpin oleh Georgia State University.

Dalam studi baru, tim peneliti menggunakan informasi ini untuk mengetahui seberapa jauh menemukan planet-planet seperti kita dari Bumi kita.

"Seharusnya kita sudah menemukannya dalam jarak 13 tahun cahaya",kata pemimpin penulis Courtney Dressing, dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, saat konferensi pers.

Jika galaksi Bima Sakti adalah seukuran Amerika Serikat, 13 tahun cahaya akan menjadi setara dengan berjalan-jalan di New York City Central Park.



Jarak diperkirakan meningkat menjadi 21 tahun cahaya ketika para ilmuwan menerapkan interval 95 persen keyakinan standar untuk perhitungan mereka.

Bintang kerdil merah yang terdekat dengan Bumi adalah Proxima Centauri, yangberjarak sekitar 4,2 tahun cahaya di sistem tiga bintang Alpha Centauri.

Bulan Oktober lalu, para ilmuwan mengumumkan penemuan planet seukuran Bumi (meskipun panas) yang mengorbit Alpha Centauri Bb, bintang lain dalam sistem.Belum ada planet yang ditemukan saat ini di  Proxima Centauri.


Sumber :Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 11:13 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf