lihat juga

Friday, January 4, 2013

Bahaya Makan Mie Instant setiap hari

Bahaya Makan Mie Instant setiap hari - Siapa sih yang tak kenal Mie Instant? Makanan ini sudah tidak asing lagi didengar oleh setiap orang. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menjadi fans berat alias pecinta mie instant. Mie instant selain mudah cara membuatnya juga karena rasanya yang enak karena mengandung penyedap buatan yaitu MSG sehingga membuat setiap konsumennya tergila-gila terutama untuk anak-anak.

Namun tahukah anda? Terlalu banyak mengkonsumsi mie instant sangat tidak dianjurkan. Malah akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan zat pewarna, pengawet serta penyedap rasa MSG yang terdapat dalam mie instant bisa memberikan ancaman serius bagi kesehatan anda.

Mie instant memang sebuah makanan yang murah, mudah di buat, dan rasanya juga lezat untuk itulah banyak orang-orang yang tergila-gila akan mie instant tersebut.

Berikut ini akan kami paparkan mengenai Bahaya Makan Mie Instant bagi kesehatan.

Kendati Mie instant memiliki beberapa nutrisi seperti karbohidrat, lemak, juga protein namun kadarnya sangatlah sedikit. Akan lebih baik jika makan mie instant di lengkapi dengan telur, ayam, dan sayur-sayuran agar nutrisinya bisa seimbang.Karbohidrat yang terkandung dalam mie memiliki sifat sederhana dan mudah di serap berbeda dengan karbohidrat dalam nasi merupakan karbohidrat kompleks yang memberi efek rasa kenyang lebih lama.

Kadar MSG dalam mie instant juga sangat berbahaya, dapat menyebabkan penyakit kanker, atau pun kerusakan usus seperti yang pernah dikisahkan dalam tabloid Nova pada bulan Agustus 2009 dimana seorang bocah umur 6 tahun ususnya membusuk dan perlu dipotong karena setiap hari makan mie instant.

Kisah Nyata Makan Mie Setiap hari

Beberapa waktu lalu salah seorang teman kampungku bercerita tentang pengalamannya sewaktu masih bekerja dimana ia harus pandai membagi-bagi uang untuk keperluan hidupnya. Untuk makan setiap hari ia cuma bersandingkan mie instant sebagai lauk pendamping nasi.

Ia terpaksa mengkonsumsi mie instant dikarenakan karena memang harga beli mie sangat murah dan bisa mengirit uang dan menabung untuk keperluan mendadak lain. Ia menjalani hal tersebut (makan mie) sudah 3 bulan lamanya. setiap hari mie selalu menjadi pendamping suasana makannya bersama nasi.

3 bulan berlalu, ia mengeluhkan kondisi kencing yang sakit. Pada awalnya ia mengira cuma sakit biasa, namun setelah beberapa hari kencingnya keluar sedikit darah. Ia bercerita sambil ke saya pun sambil sedikit malu. Ia ingin bilang tentang penyakitnya ke teman kos tapi takut di bilang yang tidak-tidak. Kalo kencing sakit kan nanti takut dibilang kena raja singa, hwkwk. "Padahal saya sama sekali tidak pernah melakukan hubungan seperti itu apalagi sampai kena penyakit raja singa" ujarnya.

Setelah periksa ke dokter ternyata dokter menjelaskan dan setelah diselidik-selidik ternyata penyakit tersebut adalah akibat dari terlalu banyak makan mie instant. Dan sampai sekarang teman saya tersebut sampai enggan memegang mie lagi lho. hwkwk. Saya sebagai pecinta mie instant sampai seperti tertampar keras. Jadi berpikir dulu jika makan mie setiap hari.

Bagaimana, masihkah anda makan mie instant setiap hari?

Baca juga Cara Memasak Mie Instant yang Sehat.

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 6:52 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf