lihat juga

Wednesday, January 30, 2013

Gambar Hari Ini : Kelompok Hickson 44 Di Leo

http://astronesia.blogspot.com/
Klik gambar untuk memperbesar

Astronesia-Mengamati langit untuk mencari galaksi,astronom Kanada Paul Hickson dan koleganya mengidentifikasi sekitar 100 kelompok galaksi kompak, sekarang disebut Hickson Compact Groups.

Keempat galaksi yang menonjol terlihat dalam Pandangan langit yang menarik,salah satunya adalah kelompok Hickson 44, berjarak sekitar 100 juta tahun cahaya ke arah konstelasi Leo.Dua galaksi spiral ditengah gambar adalah NGC 3190 dengan jalur khas debu melengkung dan NGC 3187 yang berbentuk S.

Seiring dengan galaksi berbentuk elips terang NGC 3193 di sebelah kanan, mereka juga dikenal sebagai Arp 316.Galaksi spiral di sudut kiri atas adalah NGC 3185, 4 anggota kelompok Hickson.Seperti galaksi lain dalam kelompok Hickson, menunjukkan tanda-tanda distorsi dan tingkatan pembentukan bintang,sebagai bukti tarikan gravitasi antar galaksi yang pada akhirnya akan menghasilkan penggabungan galaksi pada skala waktu kosmik.

Proses penggabungan kini dipahami sebagai bagian dari evolusi galaksi yang normal, termasuk Bima Sakti kita.Dan skala, NGC 3190 sekitar 75.000 tahun cahaya pada jarak estimasi Hickson 44.

Sumber : Apod-NASA

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 9:31 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf