lihat juga

Thursday, January 31, 2013

31 Januari 1971, Apollo 14 Bawa Benih "Pohon Bulan"

http://astronesia.blogspot.com/
Citra LRO menunjukkan adanya bendera Amerika Serikat yang ditancapkan di Bulan dalam misi Apollo.

Astronesia-Amerika Serikat kembali meluncurkan manusia ke Bulan melalui misi Apollo 14, 31 Januari 1971. Misi kali ini membawa tiga astronaut, Alan Shepard Jr, Edgar Mitchell, dan Stuart Roosa.

Setelah mengalami beberapa kali kesulitan, dua dari tiga astronaut ini berhasil menjejakkan kaki di Bulan pada 5 Februari. Shepard dan Mitchell bertahan selama 34 jam di permukaan satelit Bumi itu untuk mengumpulkan sampel dan melakukan beberapa percobaan.

Sedangkan Roosa, mengorbit di atas Bulan menggunakan modul komando. Tanpa diketahui banyak orang, Roosa membawa ratusan benih pohon yang merupakan bagian dari proyek bersama NASA dengan United States Forest Service (USFS).

Sepulangnya ke Bumi pada 9 Februari, benih-benih ini kemudian ditanam oleh USFS di seluruh penjuru AS. Benih inilah yang dikenal sebagai "Pohon Bulan" dan didedikasikan bagi Roosa dan program Apollo.

Roosa sendiri wafat pada Desember 1994. Namun, Pohon Bulan-nya terus berkembang dan hingga kini keberadaannya yang sudah menyebar coba didata kembali oleh NASA.

Sumber: National geographic

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 2:31 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf