lihat juga

Wednesday, January 30, 2013

Cilacap Dua Kali Gempa

Cilacap dua kali gempa yang menyebabkan warga Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah berhamburan keluar rumah. Gempa susulan tersebut terjadi pada hari senin siang tadi atau tepatnya pada tanggal 04 appril 2011. Gempa susulan itu terjadi setelah pascagempa sebelumnya yang berkekuatan 7,1 skala richter yang terjadi pada pukul 03.06 WIB.

Cilacap dua kali gempa

Gempa susulan tersebut tidak sedahsyat dari gempa yang terjadi pagi tadi, kata Camat Patimuan Suharyanto yang kanghari kutip melalui media televisi. Walaupun warga kecamatan Patimuan sempat kaget dengan gempa susulan, akan tetapi warga Patimuan tetap tenang sama seperti gempa yang terjadi pada Senin dini hari.

Kenapa warga kecamatan Patimuan bisa tenang saat terjadi gempa susulan? Karena masyarakat telah diarahkan untuk tetap tenang saat menghadapi gempa bumi. Dengan demikian, warga tetap tenang dan tidak mengungsi ketika diguncang gempa 7,1 SR. Justru Warga Pangandaran lah yang mengungsi ke Patimuan, dan merutut informasi yang kanghari dapatkan, warga desa Pangandaran pulang dari pengungsian setelah subuh pagi tadi.

Secara terpisah, pengamat kegempaan dari Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Heri Susanto, mengatakan bahwa dua gempa susulan tersebut terjadi pada pukul 13.38 WIB dengan kekuatan 4,8 SR dan pukul 14.41 WIB dengan kekuatan 3.9 SR.

Pusat gempa susulan tersebut berdekatan dengan pusat gempa yang terjadi pukul 03.06 WIB karena masih dalam satu rangkaian patahan. Kemungkianan menurut  kanghari itu masih adan gempa susulan, karena saat ini patahan tersebut sedang berada pada masa-masa untuk menyetabilkan. Semoga saja tidak terjadi gempa susulan kembali, agar total kerugian dan korban gempa di Cilacap tidak meningkat jumlahnya.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 11:30 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf