lihat juga

Thursday, February 14, 2013

Tips Mengatasi Rambut Beruban

Uban atau rambut putih kadang menjadi sesuatu yang tidak diharapkan kedatangannya terlebih lagi bagi mereka yang berusia muda atau masih kurang dari 30 tahunan. Rambut putih itu memang tidak selalu datang bagi mereka yang berumur lanjut saja tetapi juga tidak menutup kemungkinan para remaja juga mengalami tumbuhnya rambut putih tersebut walaupun hanya beberapa helai.

Tips Mengatasi Rambut Beruban
Hal ini perlu diperhatikan akan penyebab datangnya rambut putih atau yang bernama Uban tersebut. Mungkin saja anda mengalami hal-hal berikut ini sehingga uban yang rasa-rasanya cukup memalukan itu muncul dalam mahkota hitam di atas kepala anda.

Berikut ini adalah penyebab rambut beruban, secara umum dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal :

1. Faktor Internal
Faktor internal biasanya disebabkan oleh faktor keturunan yaitu faktor genetik karena ketidakmampuan metabolisme pembentukan pigmen pada orang yang mempunyai turunan beruban ini memang tidak bisa bertahan lama. Sehingga rambutnya pun mudah memutih.

2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal berhubungan dengan pola hidup dan lingkungan. Mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, atau pun sering begadang bisa menyebabkan rambut memutih atau beruban.  Yang paling dominan dan paling cepat menyebabkan rambut beruban adalah faktor stress atau tekanan hidup.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi rambut beruban diantaranya adalah :

1. Konsumsi makanan bergizi dan seimbang
Asupan makanan yang kita makan juga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut putih tersebut. Biasakanlah memakan makanan yang bergizi dan pola makan seimbang. Pilih makanan berprotein tinggi dan yang memiliki kandungan lemak rendah serta banyak mengkonsumsi buah-buahan.

2. Nutrisi rambut
Layaknya tubuh, rambut juga memerlukan nutrisi agar selalu sehat dan kuat. Gunakan vitamin rambut untuk kesehatan rambut, sebelumnya harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Melakukan creambath rutin juga bisa memperlambat muunculnya uban.

3. Terapi Akupuntur
Terapi akupuntur dengan cara tusuk jarum di pusatkan di lima titik saraf di kepala bisa juga memperlambat timbulnya uban. Sebaiknya anda memilih tempat terapi akupuntur yang sudah terbukti khasiatnya, jangan sembarangan singgah di tempat terapi akupuntur yang belum jelas.

4. Olahraga teratur
Olahraga teratur bisa membuat sistem kerja tubuh lancar begitu juga dengan kesehatan rambut. Selain itu olahraga juga bisa membuat pikiran selalu riang dan terhindar dari stress.

5. Hidup Gembira selalu
Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa faktor eksternal yang paling dominan adalah stress. Tekanan hidup yang terlalu banyak bisa menimbulkan timbulnya uban secara dini.

Demikian tips mengatasi rambut beruban, semoga bermanfaat.


ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 3:25 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf