lihat juga

Sunday, February 17, 2013

Sepenggal Sejarah Simbol Hati Untuk Cinta

Buah pemikiran seseorang terkadang dicurahkan dengan suatu simbol. Simbol juga memberikan arti dari suatu maksud yang ada didalam hati. Dan seperti cinta atau Love di gambarkan dengan simbol Hati. Lalu darimana simbol hati untuk cinta itu pertama kali di gambarkan? Nah, artikel berikut ini akan menceritakan tentang sepenggal sejarah simbol hati, sekedar penasaran aja gan, ok.. cekidot : 

1. 3000 Tahun SM

http://www.didunia.net/
Bentuk hati dipercaya ada pada 3000 tahun SM, berasal dari bentuk daun ivy yang sering digunakan masyarakat Yunani dan Roma sebagai ornamen dalam keramik dan bejana. Sulur yang merambat dari tumbuhan ivy dianggap melambangkan gairah. Daun ivy juga ditaruh di batu nisan sebagi tanda cinta yang abadi meski kematian memisahkan.

2. 631 Tahun SM
http://www.didunia.net/
Bangsa Yunani mengalami kekeringan dan ledakan populasi masyarakat sehingga pada 631 SM, mereka mencari sebuah kota baru. Mereka akhirnya mendirikan Kota Kierene yang terletak diujung utara Afrika. Di sana mereka menemukan biji silphium yang akhirnya digunakan untuk alat kontrasepsi. Bangsa Kinere pun membuat simbol bikin silphium menjadi sebuah koin dan berbentuk hati.

3. 384 Tahun SM
http://www.didunia.net/
Filsuf era klasik juga berpendapat mengenai simbol hati dan maknanya (384-322 SM). Aristoteles yang termasuk dalam tiga filsuf paling berpengaruh di pemikiran Barat berpendaapat bahwa jantung adalah pusat pemikiran dan emosi. Bahkan, terkadang jantung lebih kuat daripada pengaruh otak sebagai sitem saraf. Dengan demikian, jantung dirasa tepat seabagai pusat jiwa dan emosi.

4. Tahun 1304 - 1306
http://www.didunia.net/
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan pada 1304 - 1306, seorang pelukis bernama Giotto membuat sebuah karya Cappella degli Scrovegni. Lukisan tersebut bercerita mengenai seorang dermawan yang memegang sebuah hati (berbentuk jantung) dan memberikannya ke surga. Lukisan Giottopun dianggap begitu sakral dan melambangkan cinta yang tulus terhadap Tuhan.

5. Tahun 1304 - 1306
http://www.didunia.net/
Selanjutnya, antara 1489-1500, pelukis genius Leornado da Vinci menggambarkan ilustrasi awal bentuk jantung. Jika diperhatikan, ilustrasi itu seperti kombinasi gambar hati pada permainan dan bentuk nyata jantung. Gambar milik Da Vinci itu juga terlihat paling detail dan paling menyerupai bentuk jantung. Dan, seperti kepercayaan masyarakat Romawi, jantung adalah pusat dari jiwa dan emosi.


6. Tahun 2003
http://www.didunia.net/
Simbol hati semakin populer untuk melambangkan cinta. Bahkan pada 2003 simbol tersebut digunakan dalam beberapa film terkenal seperti Love Actually. Film drama romantis yang di sutradarai Richard Curtis itu sukses menembus jajaran box office. Hingga kini, simbol hati melekat pada Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang.
 
 
 

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 9:59 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf