lihat juga

Thursday, February 7, 2013

Pertempuran antara Thailand dan Kamboja

Pertempuran antara Thailand dan Kamboja terjadi di perbatasan dekat candi Ta Muen Thom dan Ta Kwai di daerah-daerah yang tak jauh dari provinsi Surin, Thailand timur laut. Pada hari rabu tanggal 27 april 2011 yang menandai hari keenam berturut-turut pertempuran antara Thailand dan Kamboja.

Putaran baru baku tembak senjata api kecil meledak di dekat reruntuhan candi abad ke-13 sekitar pada pukul 05.30 waktu setempat dan berlangsung selama tiga puluh menit, demikian dikatakan Kolonel Sansern Kaewkamnerd, juru bicara militer Thailand.

Pertempuran antara Thailand dan KambojaMenurut Kolonel Sansern bahwa Pasukan Kamboja bergerak menuju wilayah yang disengketakan dan memicu penembakan yang melibatkan saling baku tembak senjata api kecil dan mortir. Mengenai baku tembak Selasa malam yang meledak pada sekitar pukul 22:00 waktu setempat, hal itu terjadi pada saat Kamboja menggunakan tank dan senjata berat dalam menyerang tentara Thailand untuk menguasai candi Ta Muen Thom dan kuil Ta Kwai, yang terletak 150 kilometer di barat candi abad ke11 Preah Vihear yang disengketakan.

Bentrokan enam-hari yang mematikan antara Kamboja dan Thailand terjadi sejak 22 April menewaskan lima tentara Thailand dan sedikitnya 57 lainnya luka-luka serta menewaskan satu warga sipil. Thailand dan Kamboja telah menuduh satu sama lain dalam memulai babak baru konflik perbatasan. Kira-kira siapa yang menang nantinya ya, Kamboja atau Thailans? Kita tunggu saja informasi kelanjutannya.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:30 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf