lihat juga

Wednesday, February 13, 2013

Penampakan Awan Berbentuk "Tokek" Berhasil Diabadikan Di Luar Angkasa

http://astronesia.blogspot.com/
Nebula gelap Barnard 86 (kanan) dan gugus bintang NGC 6520 (kiri) membuat pasangan kosmik yang indah.

Astronesia-Sebuah nebula gelap menyerupai tokek yang terbentuk diantara jutaan bintang dengan jarak sekitar 6000 tahun cahaya jauhnya dari matahari berhasil diabadikan sebuah teleskop di Chili.

Foto ini dirilis tanggal 13 Februari 2013 oleh European Southern Observatory (ESO), menunjukkan awan gelap yang menempel jutaan bintang di bagian dari konstelasi Sagitarius.Daerah ini berada didalam galaksi Bima sakti kita,yang dikenal sebagai Awan Bintang Besar Sagitarius yang menjadi salah satu daerah paling padat bintangnya di galaksi,kata pejabat ESO.

Salah satu aspek yang paling mencolok dari foto ini adalah tampaknya sebuah nebula,daerah gelap tanpa bintang yang disebut Barnard 86 terselip di tengah hamparan bintang yang menyilaukan.

"Melalui teleskop kecil,Barnard 86 tampak seperti sebidang daerah tak berbintang di langit",jelas pejabat ESO dalam deskripsi gambar.Namun obyek ini sebenarnya berada di depan hamparan bintang yang terdiri dari awan tebal yang gelap dan dingin serta butiran debu kecil yang menghalangi cahaya sehingga membuat kawasan itu tampak buram ".

Kemungkinan awan ini sisa-sisa pembentukan cluster bintang NGC 6520 yang berada disebelah kiri,kata ilmuwan.

NGC 6520 mengandung banyak bintang biru muda yang bercahaya terang yang semuanya mungkin terbentuk di waktu yang sama,tetapi sulit menentukan usia bintang-bintang ini,kata ilmuwan ESO menambahkan.Karena begitu banyak bintang yang terletak di bagian Awan Bintang Besar Sagitarius, terisolasi dan untuk mengamatinya jelas sulit.




Barnard 86 mungkin masih memproduksi bintang-bintang baru. Beberapa nebula gelap membuat bintang, namun para ahli tidak bisa mengetahui apakah Barnard 86 masih memproduksi awan.

Foto itu diambil oleh 7.2 foot (2.2 meters) telescope at ESO's La Silla Observatory di Chili.Pencitraan yang digunakan untuk menangkap gambar ini setara dengan ukuran bulan purnama.

Sumber: Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 7:51 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf