lihat juga

Thursday, February 7, 2013

Kelabang (Lipan) Terbesar Di dunia

Kelabang (Lipan) Terbesar Di dunia | hewan unik ini sungguh menakjubkan, selain yang kurannya besar, dia juga sangat menarik. Sesuatu hal yang unik, berbeda dari yang lain selalu menjadi daya tarik tersendiri. Begitu juga dengan hewan yang satu ini, ya kelabang atau lipan (bahasa inggris: Centipede) merupakan hewan sangat unik dengan jumlah kaki yang berjumlah puluhan, gigi yang tajam serta bisa yang sangat beracun sungguh merupakan salah satu hewan paling mengerikan di dunia.

Kelabang (Lipan) Terbesar Di dunia

Kita pasti pernah menjumpai kelabang atau lipan ini disekitar rumah dengan ukuran sekitar 5 - 10 cm dan itupun sudah membuat kita ketakutan dan berusaha membunuhnya dengan alat seadanya seperti sapu lol. Tapi bagaimana jika kelabang tersebut sebesar yang seperti dibawah ini, masih beranikah anda ?

Kelabang (Lipan) Terbesar Di dunia

kelabang terbesar, kelabang raksasa, lipan terbesar di dunia, lipan raksasa, serangga berkaki seribu

Scolopendra Gigantea, yang lebih dikenal sebagai kelabang raksasa (Giant Centipede), adalah serangga terbesar di dunia. Panjang tubuhnya dapat mencapai 35 cm (14”), lebih panjang daripada sebuah penggaris kantoran dengan panjang medium (30 cm). Dengan ukuran tubuhnya yang raksasa ini, ia dapat memangsa kelelawar, burung, katak, kadal, dan bahkan juga laba-laba tarantula raksasa yang beracun.

Scolopendra Gigantea adalah keluarga Arthropoda dan berada pada kelompok Chilopoda. Dapat ditemui di hutan-hutan tropis Amerika Selatan, Amazon, Trinidad dan Jamaika. Mereka biasanya merangkak cukup gesit di semak-semak dan diantara dedaunan. Mereka mempunyai banyak kaki, Scolopendra Gigantea dewasa dapat mempunyai 46 kaki, dan tubuh yang terbagi-bagi menjadi 23 segmen.

Ke 46 kakinya dapat bergerak dengan cepat untuk memburu mangsanya, sang kelabang raksasa ini juga dilengkapi racun untuk melumpuhkan mangsanya. Seekor kelelawar yang berbobot tiga kali dari Scolopendra Gigantea dapat dilumpuhkan dengan racunnya. Scolopendra Gigantea dapat merayap naik ke atap gua dimana para kelelawar bergelantungan, untuk menyergap mangsanya.

kelabang terbesar, kelabang raksasa, lipan terbesar di dunia, lipan raksasa, serangga berkaki seribu

kelabang terbesar, kelabang raksasa, lipan terbesar di dunia, lipan raksasa, serangga berkaki seribu

Scolopendra Gigantea, juga mendatangi sarang tikus dan laba-laba tarantula yang berbisa. Kedua taringnya yang tajam dapat menyalurkan racun pelumpuh, mangsa yang kecil biasanya langsung mati setelah racun memasuki tubuhnya, sedangkan mangsa yang besar biasanya tidak dapat bergerak selama berjam-jam, dan sebelum mereka mampu bergerak kembali, Scolopendra Gigantea melumat daging mereka dengan gigitannya. kelabang terbesar, kelabang raksasa, lipan terbesar di dunia, lipan raksasa, serangga berkaki seribu
Meskipun tampak seperti monster dengan wujud yang mengerikan, dan dilengkapi dengan racun berbahaya, Scolopendra Gigantea, tidak mematikan bagi manusia, racun gigitannya memang menyakitkan, biasanya pada bekas gigitannya akan membengkak dan racunnya menyebabkan lemas dan demam yang menyiksa, namun tidak mematikan bagi manusia, terutama manusia dewasa yang sehat. Biasanya obat penurun demam biasa telah dapat menurunkan temperatur tubuh, setelah demam turun, manusia yang menjadi korban gigitan dapat pulih kembali.kelabang terbesar, kelabang raksasa, lipan terbesar di dunia, lipan raksasa, serangga berkaki seribu

Justru banyak para penggemar serangga menjadikan kelabang raksasa ini sebagai binatang peliharaan. Penampilannya yang seram mirip hewan purba menjadi daya tarik tersendiri bagi para kolektor. Scolopendra Gigantea, tidak menganggap manusia sebagai mangsanya, mereka tidak menggigit, kecuali bila merasa diserang. Beberapa kolektor kadang-kadang membiarkan kelabang ini merayap ditangan mereka, dan membuat beberapa photo bersama kelabang raksasa ini. Namun karena Scolopendra Gigantea adalah binatang beracun dan dapat melukai manusia, maka ekspor binatang ini dilarang di banyak negara.Kelabang (Lipan) Terbesar Di dunia

Scolopendra Gigantea betina dapat menghasilkan 50 buah telur pada kehamilannya, sang ibu biasanya melindungi telurnya hingga menetas dalam dalam kurun waktu sekitar 2 minggu. Scolopendra Gigantea muda yang baru menetas biasanya hanya memiliki 4 segmen tubuh, yang kemudian terus bertambah hingga mereka dewasa. Butuh waktu sekitar 3 tahun hingga mereka mencapai kedewasaan penuh. Masa hidup Scolopendra Gigantea biasanya berkisar antara 4 hingga 5 tahun saja.

inilah Foto dari Kelabang (Lipan) Terbesar Di dunia

kelabang terbesar, kelabang raksasa, lipan terbesar di dunia, lipan raksasa, serangga berkaki seribu

Kelabang (Lipan) Terbesar Di dunia

Kelabang (Lipan) Terbesar Di dunia

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:17 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf