lihat juga

Wednesday, February 13, 2013

George Ferris - Penemu Komedi Putar di Logo Google Hari Ini

Hari ini 14 Februari 2013 Google kembali tampil dengan logo unik untuk memperingati kelahiran George Ferris yang ke-154 yang bertepatan dengan perayaan tahunan Valentines Day yang sebagian muda-mudi memperingatinya.

Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan sosok George Ferris. Terlahir dengan nama lengkap George Washington Gale Ferris, Jr. Ia adalah seorang ahli teknik atau insinyur asal Amerika Serikat yang berhasil menciptakan beberapa penemuan menarik. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah komedi putar raksasa atau yang kemudian dikenal dengan nama Ferris Wheel. 

George Ferris merupakan putera dari pasangan George Washington Gale Ferris Sr. dan Martha Edgerton Hyde.setelah melalui berbagai lika-liku dalam kehidupannya, George Ferris pada akhirnya menjadi seorang insinyur. Pada tahun 1891, penyelenggara World’s Columbian Exposition, yang merupakan salah satu ajang pameran terbesar pada saat itu, mengadakan sayembara untuk para insinyur di Amerika Serikat. Mereka ditantang untuk membuat suatu karya orisinil yang berani, unik, dan bisa mengungguli Menara Eiffel di Prancis yang sangat kesohor itu. 

The original 1893 Chicago Ferris Wheel
George Ferris pun mencoba peruntungannya dengan mengajukan disain komedi putar raksasa rancangannya. Menurut George Ferris, komedi putar raksasa yang akan dibuatnya bakal bisa melebihi Menara Eiffel. Dengan menaiki karyanya itu, para pengunjung akan dapat melihat keseluruhan pameran dari atas, dan itu adalah pemandangan yang sangat menakjubkan serta akan menjadi saat-saat romantis bagi pasangan yang berada di sana.

Awalnya, pihak penyelenggara merasa ragu dengan rancangan yang diajukan oleh George Ferris tersebut dengan alasan keamanan. Namun, George Ferris kemudian berhasil memastikan keamanan komedi putar raksasa buatannya itu. Akhirnya, komedi putar raksasa karya George Ferris yang lantas diberi nama Ferris Wheel tersebut berhasil dihadirkan dalam ajang World’s Columbian Exposition yang digelar di Chicago pada tahun 1893.

Ternyata, di masa-masa yang akan datang, banyak kisah romantis yang terjadi dan terkait erat dengan komedi putar raksasa yang pertama kali diciptakan oleh George Ferris itu. Sayangnya, George Ferris mati muda di usia 37 tahun pada 22 November 1896, di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.


Sumber : http://sidomi.com


Denaihati

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:22 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf