lihat juga

Tuesday, February 12, 2013

Gambar Hari Ini : Panorama Nebula Semut Mz3

http://astronesia.blogspot.com/
Klik gambar untuk memperbesar

Astronesia-Woooww.... kenapa ada semut besar begini?bukan,ini bukan semut melainkan Nebula planet Mz3 atau dijuluki juga dengan nama Nebula Semut.Nebula semut terbentuk oleh Bintang seperti Matahari.

Mengapa gas yang mengalir jauh menciptakan bentuk yang tidak bulat?Petunjuknya mungkin karena gas yang mengalir keluar berkecepatan tinggi,mencapai kecepatan 1000 kilometer per detik.Bentuk struktur Nebula semut memiliki panjang beberapa tahun cahaya dan magnet dari bintang terlihat di atas pusat nebula itu.

Nebula Mz3 juga di curigai menyembunyikan sebuah bintang redup kedua yang mengorbit dekat bintang terang dan terjadi tarik-menarik sehingga berbentuk aneh begini.

Karena bintang pusat Mz3 mrip dengan matahari kita,astronom berharap untuk meningkatkan pemahaman sejarah terbentuknya semut raksasa ini sehingga dapat memberikan wawasan yang bermanfaat tentang masa depan yang kemungkinan terjadi pada Matahari kita.

Nebula ini terletak di konstelasi Norma dan berjarak sekitar 8.000 tahun cahaya dari Bumi serta memiliki magnitude 13,8.

Sumber : Apod-NASA

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:33 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf