lihat juga

Friday, February 8, 2013

Chinese New Year 2013 Google Doodles - Selamat Tahun Baru Imlek 2564

Chinese New Year 2013 -  Selamat Tahun Baru Imlek 2564. Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (Chinese: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penaggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti "malam pergantian tahun".

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Cina sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Meskipun penanggalan Cina secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok seringkali dinomori dari pemerintahan Huangdi. Setidaknya sekarang ada tiga tahun berangka 1 yang digunakan oleh berbagai ahli, sehingga pada tahun 2009 masehi "Tahun Tionghoa" dapat jadi tahun 4707, 4706, atau 4646.

Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok, serta budaya yang dengannya orang Tionghoa berinteraksi meluas. Ini termasuk Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang (sebelum 1873). Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Macau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi Han Cina yang signifikan, Tahun Baru Cina juga dirayakan, dan pada berbagai derajat, telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut.

Di negara kita tercinta, perayan imlek sempat dilarang pada masa orde baru dulu, karena berbagai sebab yang tak masuk akal . Instruksi presiden nomor 14 tahun 1967 sempat melarang berbagai hal yang berbau Tionghoa termasuk di antaranya Imlek. Masyarakat Tionghoa Indonesia baru mendapatkan kebebasan tersebut pada tahun 2000 ketika mantan presiden Gus Dur mencabut Inpres rasis tersebut, kemudian diteruskan mantan presiden Megawati mengeluarkan instruksi Presiden nomor 19 tahun 2002, menetapkan Imlek mulai tahun 2003 sebagai hari libur resmi nasional.


Selamat Tahun Baru Imlek 2564
Denaihati

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 5:49 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf