lihat juga

Thursday, February 14, 2013

Benarkah Buah Nanas dapat Mengugurkan Kandungan?

Buah nanas adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang manis dan agak asam. Buah yang berasal dari Amerika Latin khususnya Brasil, Bilivia, dan Paraguay ini juga memiliki duri di sekitar tubuhnya. Namun sayangnya dibalik rasanya yang lezat tersebut, buah ini menjadi sesuatu yang ditakuti oleh para ibu yang sedang mengandung. Banyak mitos yang beredar bahwa buah nanas bisa menyebabkan gugurnya kandungan. Lantas benarkah?

Buah Nanas dapat Mengugurkan Kandungan
Dalam hal medis sendiri, buah nanas memang belum terbukti secara ilmiah dapat menyebabkan gugurnya kandungan, belum ada penelitian yang secara gamblang menjelaskan. Namun, ada beberapa hal yang menunjukan bahwa nanas bisa memberikan efek pada mulut rahim dan sperma seseorang.

Seperti dikutip dari Babycenter, buah yang bernama latin Ananas comosus ini memiliki tingkat asam yang cukup tinggi terutama nanas yang belum matang (masih mentah). Hal inilah yang perlu diketahui oleh para ibu hamil, ketika wanita hamil menkonsumsi buah nanas yang masih mentah dengan tingkat asam tinggi bisa menyebabkan kontraksi yang lebih dini. Sebenarnya bukan hanya nanas buah lain dengan tingkat asam tinggi pun perlu diwaspadai.

Jadi yang seharusnya dihindari itu adalah memakan buah nanas yang masih mentah, jika berlebihan dapat menyebabkan bisa menyebabkan kontraksi pada rahim, keguguran, muntah, diare serta periode menstruasi yang berat. Selain itu nanas yang masih mentah juga perlu diwaspadai adanya kandungan zat-zat berbahaya yang bisa membahayakan kesehatan janin seperti bahan insektisida dan zat lainnya.

Nanas sendiri memiliki kandungan nutrisi yang baik yaitu vitamin, mineral, serat dan enzim yang bisa membantu menjaga berat badan ideal. Selain itu vitamin C berperan sebagai antioksidan yang berguna bagi daya tahan tubuh.

Kesimpulannya bahwa mitos bahwa buah nanas bisa menyebabkan keguguran masih belum bisa dipastikan secara ilmiah. Namun yang harus diperhatikan adalah hendaknya menghindari buah nanas yang masih mentah atau belum matang. Sebaiknya makanlah nanas yang sudah benar-benar matang dan rasanya manis, serta jangan terlalu berlebihan memakannya.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 2:42 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf