lihat juga

Thursday, February 14, 2013

Asteroid 2012 DA14 Bertahan 33 Jam di Orbit Bumi

http://astronesia.blogspot.com/

Astronesia-Asteroid 2012 DA14 yang mendekati Bumi pada Jumat (15/2) atau Sabtu (16/2) dini hari WIB, diperkirakan akan bertahan 33 jam di sistem Bumi/Bulan. Sekali lagi dipastikan bahwa asteroid ini tidak akan bertabrakkan dengan Bumi.

Namun, ia akan menjadi asteroid dengan ukuran besar pertama yang berjarak begitu dekat dengan planet kita. Diperkirakan, asteroid sebesar 45 meter dengan massa 130 ribu metrik ton ini hanya akan berselisih 27.600-an kilometer dari Bumi.

Menurut NASA, asteroid seperti ini sudah lama mereka lacak. Tujuannya bukan hanya karena asteroid bisa menimbulkan ancaman bagi Bumi, tapi juga penting bagi ilmu pengetahuan. "Selain sebagai ancaman, mereka (asteroid) penting untuk sumber daya masa depan," ujar pernyataan NASA pada awal Februari 2013.

Asteroid bisa terdiri dari bongkahan logam besar dan materi lain yang bisa digunakan untuk keperluan Bumi atau stasiun luar angkasa. Kemungkinan menggunakan sumber daya ini sudah pernah didiskusikan pihak NASA.

Caranya, dengan menangkap benda langit yang mendekati Bumi dan mengambil sumber dayanya. Saat ini, paling tidak dua perusahaan, Planetary Resources dan Deep Space Industries, berminat untuk menambang asteroid.

Sumber: National geographic

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 10:33 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf