lihat juga

Thursday, February 7, 2013

Apa Jadinya Jika Asteroid 2012 DA14 Menghantam Bumi?


Astronesia-Pada 15 Februari 2013 mendatang, Bumi akan dihampiri oleh asteroid 2012 DA14. Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) sudah memastikan bahwa planet kita aman dari tumbukan asteroid ini.

"Diketahui bahwa tidak mungkin asteroid ini akan mengalami tabrakkan dengan Bumi," tulis pernyataan resmi dari Jet Propulsion Laboratory,  Pasadena, California, AS pada Jumat (1/2) lalu.

Asteroid 2012 DA14 diketahui berukuran 45 meter dan mendekat hingga jarak 27.700 kilometer dari Bumi. Lebih mendekati Bumi dibanding cincin satelit yang berada di orbit geosynchronous. Ini merupakan jarak asteroid terdekat yang pernah diketahui.

Bumi memang dipastikan selamat dan tidak berdampak apa pun. Namun, apa jadinya jika asteroid 2012 DA14 menumbuk Bumi?

tunguska,siberia,asteroid
Dampak hutan yang rata dengan tanah saat asteroid jatuh di Tunguska, Siberia. (Dok. Leonid Kulik Expedition/NASA)
Jika itu terjadi, maka asteroid ini akan melepaskan 2,5 megaton energi ke atmosfer dan menyebabkan kehancuran regional. Perbandingan terbaik jika asteroid seukuran DA14 menabrak Bumi adalah kondisi yang terjadi pada tahun 1908 di Tunguska, Siberia.

Kejadian yang dikenal sebagai "Tunguska Event" ini disebabkan oleh asteroid yang agak lebih kecil dari DA14. Namun, dampak yang dihasilkannya luar biasa.

Sekitar 1.200 kilometer persegi lahan di sekitar Sungai Podkamennaya Tunguskarata (sekarang disebut Krasnoyarsk Krai), rata dengan tanah.

Ketika akhirnya ada ekspedisi yang datang untuk meneliti sekitar 19 tahun pascakejadian, masyarakat setempat enggan berbicara. Menurut mereka, asteroid itu adalah hukuman Dewa Ogdy yang mengutuk wilayah tersebut dengan membunuhi hewan dan menghancurkan pohon.

Ekspedisi yang dipimpin Leonid Kulik mengumpulkan bukti adanya lahan seluas 800 mil persegi yang terbelah akibat jalur mendaratnya asteroid. Sekitar delapan juta pohon jatuh rebah dalam pola radial. Pohon-pohon ini nampak sebagai penanda yang menjauhi pusat ledakan jatuhnya benda langit itu.

"(Tunguska) adalah satu-satunya entri meteorid yang pernah kita alami di era modern dengan pengalaman langsung," kata Don Yeomans, Manajer program Near-Earth Object Office di Jet Propulsion Laboratory NASA.

National geographic

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 7:55 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf