lihat juga

Sunday, February 24, 2013

5 Sakit Serius Dengan Gejala Sakit Perut

Penyakit Sakit Perut
Setiap orang pasti pernah merasakan sakit perut, dan tidak sedikit orang yang menganggap sakit perut adalah sakit biasa yang tidak perlu harus mendatangi dokter, cukup dengan obat-obatan yang murah pasti sembuh. Namun jangan salah jika kamu sakit perut secara terus menerus dan susah sembuh sebaiknya kamu sedikit waspada, bisa saja ini gejala penyakit  serius yang sangat berbahaya jika tidak diobati dengan segera bisa saja merengut nyawa kamu. Nah berikut ini ada beberapa penyakit serius yang sering diawali dengan gejala sakit perut. Ingin tahu sakit apa aja itu simak 5 Sakit Serius Dengan Gejala Sakit Perut berikut ini.


1. Usus buntu

Usus buntu sendiri merupakan organ dalam berbentuk seperti sebuah kantong kecil seperti jari yang melekat di usus besar.

Penyakit usus buntu bisa terjadi karena adanya penyumbatan bagian dalam usus buntu.

Gejala yang dirasakan yaitu rasa sakit dan tidak nyaman disekitar pusar dan menjalar ke perut bagian kanan bawah.

Untuk mengetahui adanya usus buntu letakkan tiga jari di sebelah kanan dari pangkal pinggang, lalu angkat kaki kanan, dan jika saat mengangkat kaki itu terasa sakit dan perih di bagian kanan, maka waspadai gejala radang usus buntu.


2. Maag

Penyakit perut yang satu ini bisa mengenai siapa saja. Orang yang makannya tidak teratur dan mengeluhkan sakit perut biasanya bakal didiagnosis menderita maag.

Maag diakibatkan karena kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung. Kelainan ini merupakan sakit dibagian ulu hati disertai keluhan perut kembung, cepat kenyang, bersendawa ketika lapar, mual, muntah, merasa terbakar di bagian ulu hati. Sakit maag bersifat akut dan kronis dan dapat muncul secara mendadak dan dalam waktu relatif lama.


3. Kolera

Penyakit perut satu ini disebabkan oleh virus bernama vibrio Cholerae (iBacillus coma). Kolera juga dikenal sebagai penyakit muntaber. Bila perut ditekan maka akan terasa nyeri di perut bagian bawah dan diikuti kejang pada otot perut. Perasaan mual dan mau muntah biasanya datang setelah mengalami mencret.

Solusi pertama mengobati kolera adalah dengan minum garam oralit. Bila cairan tubuh yang hilang sangat banyak, maka diperlukan cairan infus.


4. Sembelit

Penyebab utama sembelit biasanya karena mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan kurangnya makan sayur mayur atau yang berserat tinggi.

Ciri-ciri sakit sembelit yaitu nyeri di bagian pusar yang hilang timbul. Nyeri ini diakibatkan karena salah makan atau juga bisa karena susah buang air besar.


5. Desentri

Disentri merupakan salah satu jenis diare akut atau timbul mendadak. Umumnya dialami anak usia balita. Adapun penyebab diare adalah infeksi kuman Shihella dan parasit i (disentri amuba).

Penyakit perut satu ini terjadi karena radang usus (terutama usus besar) yang bermasalah atau terganggu sehingga menghasilkan diare berat yang mengandung lendir dan atau darah dalam feses.


Semoga bermanfaat.



ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:38 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf