lihat juga

Friday, February 8, 2013

5 Penyebab Penuaan Kulit dan Terlihat Kusam

Penyebab Penuaan Kulit dan Terlihat KusamAnda mungkin sudah memberikan hal yang maksimal untuk kesehatan kulit anda agar selalu nampak cerah dan tampil menawan dimana pun anda berada. Kendati demikian anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab kulit terlihat lebih tua dan kusam. Berikut adalah beberapa hal-hal yang menjadi penyebab kulit terlihat kusam dan nampak lebih tua seperti yang dikutip dari health-Kompas.com.

1. Stress
Stress memiliki peran yang sangat besar sebagai penyebab kulit anda nampak lebih tua. Ketika anda sedang stress, tubuh akan meningkatkan produksi hormon yang dapat memecahkan kolagen dan elastin. Apabila kedua zat tersebut berkurang maka kulit akan mengalami proses penuaan yang lebih cepat. Untuk itu biasakanlah untuk selalu hidup dengan pikiran positif, sikapi masalah-masalah hidup dengan bijak dan benar, dan tak lupa agar selalu memberikan senyuman kepada semua orang.

2. Kurang Tidur
Saat tertidur adalah saat-saat dimana tubuh sedang melakukan berbagai proses penyembuhan. Begitu pun pada kulit, saat-saat itu adalah dimana dilakukannya regenerasi kulit oleh sel-sel yang baru. Ketika anda kurang tidur, maka proses regenerasi kulit pun terganggu sehingga berimbas juga pada kesehatan kulit dan hal ini berarti pula menjadikan kulit terlihat lebih tua.

3. Gula berlebih
Sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen atau cupcake, ataupun makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih dan pasta bisa menjadi penyebab penuaan kulit yang lebih cepat. Ketika anda mengonsumsi makanan tersebut, maka zat gula akan pecah menjadi glukosa, peristiwa tersebut bias disebut glycation.. Proses ini membuat kolagen yang ada dalam kulit mengeras sehingga mengurangi kelenturan dan kelembutan kulit. Untuk itu, jangan terlalu banyak mengkonsumi makanan yang mengandung zat gula kadar tinggi, makanlah sewajarnya.

4. Salah produk 'anti-aging'
Produk-produk anti aging yang anda gunakan harus sesuai dengan jenis kulit. Seringkali beberapa produk anti-aging kulit yang diperuntukan untuk kulit kering adalah anti-aging yang sebenarnya diperuntukan untuk kulit yang sangat kering. Jangan menggunakan produk anti-aging secara berlebihan dan tetap penuhi kebutuhan nutrisi kulit.

5. Sering terkena paparan sinar matahari
Sinar yang dipancarkan oleh matahari bisa berakibat buruk bagi kesehatan kulit. Sinar ultraviolet memiliki gelombang yang panjang dan dapat menembus jendela kaca sehingga dapat melakukan penetrasi lebih dalam ke kulit. Cara mengatasinya adalah dengan mengoleskan sun-blocked yang rutin pada kulit anda meskipun anda berada dalam mobil atau pun dekat jendela.

Demikian beberapa penyebab yang membuat kulit tampak lebih tua dan kusam.
Semoga bermanfaat.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 11:22 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf