lihat juga

Thursday, January 10, 2013

Senam Hamil Melancarkan proses Kelahiran

Senam Hamil Melancarkan proses Kelahiran - Kehamilan adalah salah satu momen paling bahagia untuk seorang wanita dan juga sang suami. Terlebih lagi mereka akan menjadi seorang ibu dan bapak ketika kelak anaknya lahir. Kebahagiaan dengan berita kehamilan bagi sang calon ibu maupun bapak akan sangat merindukan kehadiran buah hati. Namun dimasa-masa itu sang ibu dituntut untuk menjaga ekstra kesehatan tubuhnya dari mulai asupan makanan sampai mengurangi aktivitas berat.

Olahraga adalah sesuatu yang harus manusia selalu lakukan agar tubuh selalu bugar, begitu pun dengan ibu hamil. Untuk menjaga kebugaran tubuh, ibu hamil juga harus berolahraga. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan Senam Hamil. Senam ini bukan senam pada umumnya dan hanya dilakukan khusus untuk ibu hamil. Gerakan-gerakan dalam senamnya pun tidak akan membahayakan ibu hamil maupun calon bayinya. Selain untuk menjaga kebugaran seorang ibu, senam ini juga bermanfaat untuk Melancarkan proses Kelahiran.

Berikut adalah beberapa Manfaat Senam Hamil :

1. Mengurangi rasa nyeri di perut dan bokong
Pada saat kehamilan, biasanya sang ibu akan merasakan nyeri di daerah perut dan bokong. Dengan melakukan senam hamil secara rutin dapat membantu memperkuat elastisitas beberapa otot pada dinding perut sehingga akan mengurangi rasa nyeri pada perut dan bokong.

2. Melatih Teknik Pernapasan
Di dalam gerakan senam hamil, sang ibu akan di latih teknik pernapasan agar mendapatkan oksigen secara maksimal. Hal ini akan sangat membantu pada proses kelahiran nanti.

3. Melatih Relaksasi
Relaksasi dalam proses kelahiran sangat penting. Dengan membiasakan senam hamil bisa membantu mengurangi rasa sakit atau ketegangan dalam proses kehamilan.

4. Meningkatkan kesadaran postur tubuh
Senam ini juga membantu mengurangi keluhan perubahan bentuk tubuh di saat hamil.

5. Memperlancar proses Kelahiran
Menurut pendapat para ahli, melakukan senam hamil secara rutin akan terhindar dari kesulitan di saat melahirkan.

Sebelum melakukan senam ini ada baiknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus anda hindari untuk menjaga calon bayi dalam rahim.

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 6:36 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf