lihat juga

Tuesday, January 29, 2013

Perbedaan Facebook Dan Google

Google dan Facebook saat ini adalah dua perusahaan yang saling berpacu, untuk menjadi nomor satu di industri internet. Banyak kesamaan dan keunggulan yang membuat mereka selalu dibanding-bandingkan satu sama lain. Edmond Lau yang pernah bekerja di Google sebagai Search Quality Engineer dan saat ini bekerja di Facebook, menjawab sebuah pertanyaan di Quora.

"Apa yang membuat faktor pemberat Google dan Facebook berbeda. Menurut Anda, lebih baik bekerja di Facebook atau di Google?" Menganalisis pertanyaan tersebut, Edmond Lau menjelaskan dengan singkat perihal faktor-faktor perbedaan antara Google dan Facebook.

Faktor utama yang sama antara Facebook dan Google perihal cara kerja. Mereka berdua adalah perusahaan besar yang mengemban nilai untuk menjadi unggulan dalam segi ide dan inovasi. Dalam sebuah surat yang ditulis oleh Mark Zuckerberg di awal 2012, ia mengungkapkan, "The idea is that if you never break anything, you’re probably not moving fast enough."

Tapi, Google berbeda, karena mereka menerapkan sistem bergerak cepat untuk menjadi yang utama. Karyawan Facebook hanya sepersepuluh dari jumlah karyawan Google, sehingga Google mampu mengembangkan inovasi-inovasi yang lebih cepat ketimbang saingannya.

Bekerja sebagai engineering di Facebook memiliki pola kerja yang lebih santai dibanding di Google. Meskipun santai, ada satu nilai utama yang masih dianut oleh Facebook, yakni bergerak cepat untuk memvalidasi ide yang memungkinkan pengguna lebih cepat mengasah ide-ide mereka, untuk menghasilkan inovasi yang berfungsi baik untuk penggunanya. Sebaliknya di Google, perusahaan ini cenderung melakukan investasi ide yang akan dituangkan ke dalam layanan tertentu, jika validitas ide tersebut sudah matang 100 persen.

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 4:00 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf