lihat juga

Monday, January 14, 2013

Peneliti Temukan Aliran Gas di Sekitar Galaksi

http://astronesia.blogspot.com/

Astronesia-Berkat pengamatan yang diperoleh dengan menggunakan teleskop luar angkasa Hubble, para peneliti telah menemukan bukti langsung empiris adanya aliran gas yang dikonsumsi oleh galaksi sebagai bahan bakar.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Nicolas Lehner,professor peneliti di University of Notre Dame, mempelajari data yang dikumpulkan oleh dua teleskop spektrograf ultraviolet, Spektrografi Origins Cosmic dan Space Telescope Spektrografi Imaging, dan mereka menemukan "sejumlah besar gas dingin dengan jumlah yang sangat rendah dari elemen berat dalam kepompong gas di sekitar galaksi modern, "kata South Bend dari  Indiana school .

Karena tidak ada unsur berat yang hadir di dalam gas, itu menunjukkan media circumgalactic dari galaksi belum diproses kuat melalui bintang,kata Lehner dan rekan-rekannya.Temuan mereka telah di terbitkan di Astrophysical Journal, dan juga disajikan di 221st meeting of the American Astronomical Society di Long Beach, California.

Mereka mampu mengidentifikasi aliran gas dekat galaksi karena mereka melihat jejak penyerapan pada latar belakang spektrum quasar yang jauh dan cerah.Atom-atom dalam gas mengurangi jumlah cahaya, dan sebagai cahaya dari quasar melewati gas-gas, "meninggalkan unsur kimia karakteristik spektral seperti jejak 'sidik jari' yang memungkinkan para astronom untuk mempelajari sifat fisik dan kimia dari gas," kata Marissa Gebhard dari Notre Dame News.

"Lehner dan kolaborator mencari dan menandai gas dalam jarak sekitar 100,000-300,000 tahun cahaya dari galaksi dan mengidentifikasikan penyerapan seperti gas hidrogen yang kuat sebagai tanda dari gas circumgalactic, "tambahnya.

"Mereka kemudian menentukan jumlah" logam "(semua elemen yang lebih berat dari hidrogen dan helium) gas alam ini digunakan untuk menguji apakah circumgalactic tengah meningkat dari intergalaksi luar angkasa dan berkurang dalam logam atau telah dikeluarkan dari galaksi mereka sendiri," jelas Marissa.

Profesor Notre Dame menjelaskan bahwa astronom telah lama mencari gas pada galaksi ini. Namun, upaya mereka terhambat oleh keterbatasan observasional, yang kemudian memaksa mereka untuk mencari jumlah kecil dari logam yang terkandung.

Follow kami : Astronesia_Blog

Sumber: Redorbit.com 

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 2:27 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf