lihat juga

Friday, January 4, 2013

Gambar 3D Terbaru Berhasil Diabadikan Di Kawah Vesta

http://astronesia.blogspot.com/
Gambar berwarna dari Misi NASA Dawn menunjukkan Cornelia Crater, melesat dengan bahan gelap, pada asteroid Vesta

Astronesia-Sebuah foto 3D baru dari pesawat ruang angkasa NASA Dawn mengungkapkan sekilas kawah besar yang menakjubkan di asteroid besar Vesta.Gambar baru menunjukkan garis-garis gelapyang berbahan kaya akan karbon memancar keluar dari Kawah Cornelia yang memiliki lebar 9 mil (15 kilometer).Bahan  mirip batubara-hitam di tepi dan panggul kawah speckles, yang ditemukan di wilayah bagian selatan Vesta.Dawn menangkap gambar yang membentuk mosaik 3D saat mengorbit Vesta dari ketinggian 420 mil (680 km), kata para peneliti.

Bahan gelap ini umum di dapat di sekitar dua cekungan  yang sangat besar di belahan bumi selatan Vesta yang memiliki lebar 325 mil (523 km) dan asteroid terbesar ke dua yang terdapat di sabuk asteroid.

Dua kawah, yang dikenal sebagai Veneneia dan Rheasilvia, kemungkinan besar dibentuk oleh asteroid lain yang memiliki lebar antara 25 dan 36 mil (40 sampai 60 km) kata para ilmuwan.Dampak ledakan saat kawah Rheasilvia terbentuk menyebabkan bahan material terlempar sekitar 250.000 kilometer kubik (1,04 juta km kubik),bahan itu cukup untuk mengisi Grand Canyon 1.000 kali lipat.

Veneneia, yang tampaknya terbentuk antara dua dan tiga miliar tahun lalu, sekitar 250 mil (400 km) di keseluruhannya.Rheasilvia muda bahkan lebih besar, memiliki lebar 310 mil (500 km), itu meliputi hampir semua diameter Vesta.

Sebuah analisis baru dari karbon gelap dikawah itu menunjukkan bahwa banyak dari bahan itu yang di buat oleh objek Veneneia, kata para peneliti.Beberapa materi tersebut mungkin ditutupi oleh dampak besar yang dihasilkan Rheasilvia.

Para ilmuwan berpikir Vesta adalah protoplanet yang tersisa dari hari saat tata surya baru terbentuk tetapi kemudian hancur oleh tarikan gravitasi yang kuat dari planet jupiter.

Pesawat ruang angkasa Dawn tiba di Vesta pada bulan Juli 2011 dan mengorbit obyek ini selama lebih dari setahun. Pada September 2012, Dawn berangkat ke planet kerdil Ceres, penghuni terbesar dari sabuk asteroid. Dawn dijadwalkan untuk tiba di Ceres pada awal tahun 2015.

Sumber: Space.com


ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:23 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf