lihat juga

Tuesday, January 29, 2013

Asteroid Besar Akan Melintasi Bumi Saat Hari Valentine

http://astronesia.blogspot.com/

Astronesia-Sebuah asteroid seukuran setengah lapangan sepak bola akan melintas dekat Bumi tepat setelah hari Valentine.Meskipun tidak ada potensi tabrakan, asteroid 2012 DA14 masih akan membuat rekor pendekatan dengan Bumi, kata NASA.

"Sejak survei rutin langit dimulai pada 1990-an, kami belum pernah melihat obyek besar ini bisa begitu dekat dengan Bumi," kata Don Yeomans dari Near Earth Object Program NASA di JPL dalam sebuah pernyataan.

Sebuah asteroid seukuran serupa 2012 DA14 terbang melintasi Bumi rata-rata sekitar sekali setiap 40 tahun,dan benar-benar menabrak Bumi setiap 1.200 tahun atau lebih, kata Yeomans.

Dampak dari asteroid seukuran 164 kaki tidak dahsyat,benda yang berukuran sama membentuk Meteor Crater di Arizona sekitar 500.000 tahun yang lalu.

"Asteroid tersebut terbuat dari besi," kata Yeoman, "membuatnya menjadi salah satu penabrak yang sangat kuat".

Pada tahun 1908, asteroid lain yang berukuran sama meledak di atas atmosfer Siberia, dan meratakan hutan ratusan mil persegi (tragedi Tungunska).

"2012 DA14 dipastikan tidak akan menabrak Bumi," Yeomans meyakinkan."Orbit asteroid ini cukup jauh dari kemungkinan tabrakan".

Radar NASA akan memantau batu ruang angkasa saat mendekati Bumi lebih dekat daripada satelit buatan manusia.

"Kemungkinan dampak tabrakan dengan satelit sangat kecil," kata Yeomans, karena hampir tidak ada orbit satelit di mana DA14 akan melewati Bumi.

Badan antariksa AS mengatakan bahwa radar Goldstone di Gurun Mojave dijadwalkan hampir tiap hari melakukan ping terhadap 2012 DA14 dari tanggal 16 sampai 20 Februari.Hal ini akan membantu NASA menentukan orbit asteroid, dan memungkinkan para peneliti untuk lebih memprediksi pertemuan mendatang.

Saat ini asteroid 2012 DA14 memiliki tingkat kecerahan menyerupai bintang besar,Magnitudo 8.Meskipun kecerahannya akan mudah ditangkap oleh astronom,tapi kecepatannya akan membuatnya sulit untuk dilacak.

"Asteroid tersebut akan berpacu di langit, bergerak hampir dua kali lebar Bulan penuh setiap menit.



Sumber: Redorbit

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:22 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf