lihat juga

Friday, January 4, 2013

5 Makam Tua Ditemukan di Situs Gunung Padang

5 Makam Tua Ditemukan di Situs Gunung Padang – lucu unik aneh bagikan info 5 Makam Tua Ditemukan di Situs Gunung Padang.

Beberapa makam tua ditemukan di situs kuno Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Penemuan ini menguatkan dugaan bahwa di sekitar Gunung Padang memang menyimpan banyak situs sejarah.

Makam Tua Ditemukan di Situs Gunung Padang
Arkeolog Universitas Indonesia (UI), Ali Akbar, mengungkapkan terdapat lima makam yang ditemukan di teras kelima situs Gunung padang. "Yang sudah terbaca baru dua makam saja. Satu makam dengan dua nisan," ujar Ali Akbar saat dihubungi VIVAnews, Jumat 4 Januari 2013.
Ia mengatakan satu nisan terbaca dengan nama Hadi Winata usia 68 tahun dan meninggal 1947. Dengan demikian, Hadi kelahiran 1879. Satu nisan lagi, beraksara Arab yang terbaca dengan nama Prabu dengan tahun tertera 1356 H.
"Kedua nisan ini dalam satu malam, satu di bagian kepala dan satunya lagi di kaki," tambahnya. Satu nisan lagi, tambahnya, kemungkinan lebih tua dari dua nisan tersebut karena hanya berbentuk batu lonjong tanpa ada aksara penanda.
"Di daerah lain, kalau pemakaman hanya menaruh batu dan tidak ada tulisannya itu termasuk generasi awal, sekitar tahun 700 M," tambahnya.
Ia sendiri belum memastikan sejauh apa hubungan makam tersebut dengan situs Gunung Padang. Ali Akbar menduga makam tersebut milik masyarakat sekitar.
"Belum ditemukan hubungannnya. Makam ini sama  halnya dengan penemuan makam di atas bentang kuno zaman dahulu yang telah terkubur lama," ujarnya.
Melihat ciri-ciri makam tersebut, ia berpendapat bahwa makam tersebut tidak ada kaitan langsung dengan pembangunan situs, karena berdasarkan uji karbon usia situs Gunung Padang sangat tua.
Sedangkan untuk kategori masyarakat yang terkait dengan makam tersebut, Ali belum dapat memastikan. Tapi ia memperkirakan, saat itu, masyarakat di sekitar situs Gunung Padang hanya sedikit saja, tidak berupa pemukiman besar.
"Ada kemungkinan makam itu adalah milik keluarga atau sekelompok orang yang bertugas menjaga situs, karena cuma lima atau berapa saja," ujarnya.
Kelima makam terletak dalam teras kelima situs Gunung Padang dalam bidang tanah 10x10 meter. Jarak antarmakam dua sampai tiga meter.(*)
Sumber: viva.co.id

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 11:25 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf