lihat juga

Tuesday, October 16, 2012

Dalil dan Anjuran ber Qurban Hari Raya Idul Adha

Tidak lama lagi Idul Adha akan segera tiba, kepada kaum muslim yang memiliki kemampuan secara mental dan materi diwajibkan untuk naik Haji sebagai rukun islam  yang kelima, selain itu pada hari itu juga ada sunnah muakkad yang menganjurkan setiap muslim yang mampu untuk ber qurban. Dalil dan anjuran ber Qurban di hari raya idul adha telah diterangkan oleh Allah SWT dalam Alquran Surat Al Kautsar : 2 yang artinya :

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah."

Ber Qurban merupakan tuntunan yang menurut Sejarah di ajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang terus diterapkan hingga kini.

Tujuan Ber Qurban adalah untuk membentuk pribadi yang ikhlas, yaitu rela memberikan sebagian harta kita untuk orang lain. dengan dasar ikhlas karena Allah Ta'ala, Insya Allah itu akan membawa keberkahan atas rejeki yang menyalurkan zakat.

Qurban Daging Kambing, Kerbau, Sapi, Unta, Domba : itu semua bukan untuk kepentingan orang fakir dan orang miskin, melainkan akan memberi manfaat bagi yang membayar qurban karena keikhlasannya. Ada sebagian ulama yang menggambarkan bila qurban itu merupakan Kendaraan yang akan mengantarkan anda hingga ke Syurga kelak di hari akhir.

Waktu ber Qurban yaitu pada tanggal 10, 11, 12 Dzulhijah. 

Apa yang bisa kita petik atas moment qurban di hari raya idul adha itu? Setiap manusia dibumi ini diwajibkan untuk mengorbankan daging dan darah agar dirinya tidak menjadi qurban, dan hewan yang diqurbankan itu adalah jalan untuk menyelamatkan anda dari mara bahaya dan bencana. membentuk pribadi yang ikhlas berbagi kepada sesama, sehingga setelah moment berqurban setiap muslim memiliki jiwa berbagi dengan sesama tanpa ada paksaan karena semata mata mengharap Ridho dari Allah SWT.

Selamat ber Qurban... dan penuhilah panggilan Haji bila anda telah mampu...

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 12:45 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf