lihat juga

Wednesday, October 31, 2012

5 Musisi Wanita Legendaris Musik Jazz

Joachim Berendt mengatakan bahwa Jazz merupakan “seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa”. Ia lahir dari sebuah perjuangan dan perlawanan terhadap musik barat yang kaku dan mengharamkan sebuah improvisasi dan interaksi. Di Awal perkembangan penyanyi perempuan sangat mendominasi musik jazz, dan menjadikan mereka sebuah legenda. Berikut adalah perempuan yang melegenda dalam dunia musik jazz:

1 Ella Fitzgerald
Ia adalah seorang penyanyi jazz Amerika. Selama hidupnya ia telah memenangkan 13 Penghargaan Grammy, dan telah menjual 40 juta buah album musik. Ella Jane Fitzgerald, lahir pada 25 April 1917 di Virginia. Tumbuh dalam kondisi ekonomi yang memprihatinkan, miskin dan tidak memiliki tempat tinggal tetap. Ia memenangkan sebuah kontes menyanyi di Teater Apollo, Harlem, pada 23 november 1934. Ia kemudian menjadi seorang vokalis band Chikk Webb, yang membawakan hit lagu jazz seperti ” A-Tisket, A-Tasket”.  Pada tahun 1956-1965, ia menyanyikan dan merekam karya orang lain; Cole Porter, Duke Ellington, The Gershwins, Johnny Mercer, Irving Berlin, hingga Rodger and Hart. Sejak saat itulah ia meraih popularitas, ia kemudian sering mendapat undangan untuk menjadi bintang tamu di berbagai program acara televisi. Ella meninggal pada 15 Juni 1996 di Beverly Hill.

Ella Fitzgerald (Sumber:recordheritage)

2. Billie Holiday
Salah satu penyanyi jazz Amerika pertama dan terbaik, dikenal sebagai kepribadian yang unik, karakterk vokal “brassy” dan kuat. Berbagai cobaan dan kesulitan menjadi warna dominan dalam kehidupannya. Ia mulai menyanyi di usia remaja, di sebuah klub yang terllatak di Harlem. Ia melakukan sesi rekaman pertamanya bersama Benny Goodman pada tahun 1933. Ia adalah sensasinya sebuah klub jazz terkenal di Harlem, Apollo, dan bernyanyi dengan sebuah band yang juga mengiringi Count Basie dan Arti Shaw.  Billie memiliki nama panggilan “Lady Day”, yang diberikan oleh seorang saksopfonis Lester Young. pada tahun 1940, ia mulai menggunakan heroin dan opium, dan mulai menjalani kehidupan sebagai seorang pencandu obat bius. Beberapa lagunya yang menjadi hits adalah Godbless the Child, Lover man dan my Man. Namanya masuk ke dalam Rock N’ Roll Hall of Fame pada tahun 2000.
Billie Holiday (Sumber:musiclinernotes)

3. Sarah Vaughan
Ia menjadi penyanyi dan pianis gereja saat diusianya yang sangat muda. Dan saat remaja Sarah disewa secara profesional oleh Earl Hines untuk bermain di big band yang dipimpinnya. Sarah merekam debut pertamanya saat bergabung dengan big band bebopnya Billy Eckstine’s, dan saat itu pula ia mulai terbiasa dengan musik jazznya Charlie Parker dan  Dizzie Gillespie. Ia memiliki dua karier yang luar biasa , baik sebagai penyanyi dan instrumentalis (pianis).  Misty dan Bring in The Clown adalah dua dari beberapa lagunya yang populer.
Sarah Vaughan (Sumber:userserve-ak)

4. Dinah Washington
Dilahirkan dengan nama Ruth Lee Jones, memulai karir sebagai penyanyi gospel di Kota Chicago, namun memulai pertunjukkan kecilnya di usia remaja, di sebuah klub malam. Namanya mencuat ketika ia bernyanyi bersama Lionel Hampton, dengan julukan “Queen of The Blues“, atas pencapaiannya dalam musik jazz, R&B, dan Blues. Ia bahkan sempat mendominasi ranah musik pop Amerika.  Keunikan karakter dan gimmicknya menginspirasi penyanyi lainnya seperti Nancy Wilson dan Diane Schuur.
Dinah Washintong (Sumber:cdn.pimpmyspace)

5. Nancy Wilson
Secara musikalisasi ia banyak dipengaruhi oleh Dinah Washington dan Little Jimmy Scott. Walaupun saat itu profesinya adalah seorang sekretaris, ia selalu menyempatkan untuk berlatih vokal di waktu senggangnya. Ia kemudian mendapatkan tempat di dunia musik jazz, dan merekam sebuah album klasik bersama seorang bintang seperti Canonball Adderley dan George Shearing.  Ia juga merambah musik pop dan R&B. Tidak sampai di situ ia juga berakting dalam serial televisi Hawai 5-0 dan the Cosby Show. (**)
Nancy Wilson (Sumber:images-amazon)





Spektakuler Kan ? [[ Adhi Setia Putra Asp ]]

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:35 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf