lihat juga

Thursday, May 10, 2012

Nanoteknologi

Akhir-akhir ini Nano menjadi populer..
Apalagi desas-desus nanoteknologi yang semakin hari semakin populer entah dikalangan mahasiswa maupun masyarakat luas..
Tahukah anda dengan Nanoteknologi ?
Nanoteknologi mendeskripsikan ilmu mengenai sistem serta peralatan berproporsi nanometer. Satu nanometer sama dengan seperjuta milimeter. Karena ukurannya yang teramat kecil, tren dalam nanoteknologi condong ke pengembangan sistem dari bawah ke atas, Maksudnya para ilmuwan dan teknisi tidak menggunakan materi berukuran besar lalu memotongnya kecil-kecil, tapi menggunakan atom serta molekul sebagai materi blok pembuatan yang fundamental. Konsep self-assembly (sistem dan alat yang mengembangkan dirinya sendiri berdasarkan pada reaksi kimia maupun interaksi yang lain antar komponen berskala nano juga menjadi tren utama dalam nanoteknologi. Meski Richard Feynman adalah orang yang pertama kali mendiskusikan nanoteknologi dalam kuliah “Masih Banyak Ruang di Bagian Paling Bawah” di pertemuan tahunan American Physical Society tahun 1959, tapi yang dianggap menciptakan istilah “Nanoteknologi” adalah Norio Taniguchi dalam presentasi konferensi tahun 1974-nya yang berjudul “Konsep Dasar ‘NanoTeknologi’”. Nanoteknologi berdampak di bidang ilmu pengetahuan dan kerekayasaan serta setiap sisi kehidupan manusia sebagaimana yang kita ketahui dalam dekade pertama abad ke-21 ini. Banyak yang percaya nanoteknologi mampu menyembuhkan sebagian besar penyakit medis pada manusia. Memang aplikasi sebagian besar inovasi di nanoteknologi saat ini hanya bersifat spekulatif dan teoritis, tapi sudah banyak juga yang menjadi aplikasi praktis. Tabung nano karbon, molekul karbon berbentuk pipa yang berstruktur unik serta punya sifat-sifat yang dimiliki arus listrik adalah salah satu contohnya. Tabung nano karbon sudah diaplikasikan pada layar beresolusi tinggi dan memperkuat materi-materi di bidang industri. Aplikasi praktis nanoteknologi terkini yang lainnya adalah untuk menciptakan baju anti-noda

Saat ini orang kaya dunia didonimasi oleh pengusaha dari bidang komputer dan internet. Di dekade yang akan datang, satu bidang baru telah datang yang akan membuat pelaku nya menjadi salah satu orang kaya dunia baru yaitu nanoteknologi. Nanoteknologi adalah bidang teknologi yang berkaitan dengan ukuran dibawah 100 nm. cakupannya dari material, film sampai devais. Tanpa kita sadari sebenarnya nanoteknologi telah kita jumpai diaplikasikan dalam kehidupan sehari2, yaitu teknologi mikroprosesor, i-pod, sun-screen dll. Mesin industri nano telah dan sedang berputar untuk menciptakan manusia-manusia super kaya di dekade yang akan datang. Pertanyaannya adalah apa nanoteknologi dan bagaimana kita ambil keuntungan dari nanoteknologi?. Pertanyaan-pertanyaan ini yang akan coba saya ulas sebagai berikut.
Seperti yang telah disebutkan diatas, nanoteknologi adalah teknologi yang berkaitan dengan ukuran dibawah 100 nm. Material atau struktur yang mempunyai ukuran nano akan mempunyai sifat-sifat yang sangat berbeda dengan material bulk-nya. Dari bagan diatas, nanopartikel akan mempengaruhi sifat-sifat material karena efek interface dan efek quantum mekanik. Efek interface yang mungkin terpengaruh seperti sifat konduktivitas termal, katalitik, kekuatan material, kemampuan untuk tahan api, anti-air, anti-karat dsb. Sedang efek quantum mekanik yang bisa diperoleh seperti sifat magnetik, sifat listrik dan juga sifat-sifat optiknya.

Apa sih keuntungannya ?
dengan berkaca sama tulisan diatas keuntungan nano teknologi tidak diragukan lagi, nanoteknologi akan masuk dan membawa perubahan pada semua bidang mulai industri manufakturing, jasa, pendidikan dan juga bidang-bidang lain yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.
Berikut adalah contoh pengintegrasian nanoteknologi pada berbagai bidang:
a. Penggunaan Titania dan Zinc Oxide nanopartikel pada cream anti UV.
b. Penggunaan perak nanopartikel untuk anti-mikrobial. Telah diintegrasikan pada produk samsung.
c. Penggunaan emas nanopartikel pada imaging medis dan tes-pack kehamilan.
d. Pemanfaatan katalis ceria untuk menghemat bahan bakar solar.

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 2:14 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf