lihat juga

Tuesday, April 17, 2012

MotoGP Tidak Mampu Kehilangan Valentino Rossi

Kritik yang dilemparkan Valentino Rossi terhadap Ducati tentu saja mengejutkan semua orang, termasuk media, fans dan anggota Ducati itu sendiri. Kesan pertama yang timbul adalah munculnya spekulasi perceraian antara dua icon Italia ini karena perkawinan yang dimulai dengan harapan yang tinggi ternyata memburuk setelah itu. Beberapa bulan yang lalu saat presentasi Rossi pernah menyatakan hal berikut.

"Aku ingin memenangkan paling tidak satu gelar juara dunia lagi dan mengakhiri karirku disini."

Kontrak dua tahun dengan Ducati akan berakhir pada akhir 2013 dimana Rossi akan berusia 35 tahun dan kelihatannya Rossi akan beralih balapan di roda empat. Namun GP Qatar seperti merubah semua itu dan muncullah spekulasi bahwa Rossi telah mencari tim lain untuk bernaung.

Era Honda
Rossi meninggalkan Honda pada akhir tahun 2003 setelah mengumpulkan 3 kali gelar juara dunia dan pindah ke Yamaha. Semua orang tahu kalau pabrikan Honda sangat dongkol, tapi saat itu Rossi bisa saja pindah ke tim satelit Gresini milik Fausto Gresini. Mereka memiliki engineer dan sponsor yang diperlukan untuk mendukung Rossi, apalagi hubungan Gresini dengan Honda sangat dekat. Namun lagi-lagi keputusan Gresini butuh persetujuan dari pimpinan Honda. Jelas tidak akan ada lampu hijau.

Era Yamaha
Di Yamaha sendiri masih banyak pendukung Rossi dan walaupun kembali ke Yamaha kemungkinannya akan lebih mulus, namun sekali lagi kita harus mengesampingkan tim pabrikan. Yang tersisa hanyalah Tech 3, artinya Crutchlow ataupun Dovi harus enyah dari sini. Yamaha M1 memang merupakan motor favorit Rossi dimana dia telah mendapatkan 4 kali gelar dunianya bersama motor ini.

Era Ducati
Jelas kemungkinan terbesarnya yaitu Rossi tetap bersama pabrikan Italia ini, karena luapan kekecewaan bukanlah tanda pasti bahwa mereka akan berpisah. Lagi pula kehilangan juara dunia 9 kali akan menjadi hantaman berat bagi Ducati, karena selain sulitnya mencari pengganti Rossi, Ducati juga akan kehilangan sponsor. Memang Lorenzo dan Stoner kontraknya habis pada akhir musim ini, tapi kemungkinan besar mereka tidak akan pindah. Pedrosa juga akan memutuskan masa depannya, sementara Marquez kelihatannya akan mencuri kursi Repsol Honda, peluang inilah yang bisa membuat Pedrosa pindah ke Ducati. Gak kebayang deh gimana lucunya Dani bawa Ducati. Kalu tidak ya mungkin Dovi yang akan berusaha melompat ke Ducati.

Tim Private
Rumor lain  yang muncul bahwa Rossi bisa membuat tim sendiri. Tentunya tidak ada masalah untuk mendapatkan sponsor, apalagi jika Jeremy Burgess dan anggota tim Rossi bersama maka mereka bisa menjadi tim yang hebat. Tapi seperti yang dikatakan Ago, bahwa menjalankan tim sendiri tidaklah mudah, apalagi jika telah terbiasa dengan kemewahan yang ditawarkan oleh tim pabrikan.

Opsi CRT
Kelihatannya pilihan ini tidak akan mungkin terjadi, walaupun cukup banyak fans yang kangen untuk melihat Rossi mengakhiri karirnya di pabrikan dimana dia memulai balapan, yaitu Aprilia yang saat ini berada di balik tim ART. Pastinya ini akan menjadi gambling bagi Rossi dan bertarung untuk mendapatkan podium pasti akan jauh lebih sulit atau malah mustahil. Artinya ini akan menjadi skenario terburuk kalaupun terjadi.

Versi Dorna
Carmelo Ezpeleta tentu saja mengamati situasi ini. Rossi sangat vital bagi MotoGP dan akan lebih berharga ketika juara. Lihat saja tahun 2010 yang lalu ketika Rossi cidera, rating TV dan penjualan tiket menurun tajam. Kontrak Dorna senilai 15 juta Euro dengan Mediaset, salah satu channel TV di Italia akan berakhir pada akhir tahun ini. Tanpa nomor 46 di grid MotoGP, pasti pemirsa akan menurun. MotoGP telah mengalami krisis ekonomi dan hal terburuk adalah jika mereka kehilangan superstar, The Doctor. Jadi lebih aman kalau CEO Dorna melakukan sesuatu untuk mencegah Rossi pindah ke roda empat.

Musim 2012 ini memang cukup aneh. Padahal baru saja dimulai, tapi kita telah membicarakan bagaimana musim ini akan berakhir. Mari kita nikmati musim ini dan selalu berharap agar Ducati bisa kompetitif di lintasan balap.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:05 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf