lihat juga

Wednesday, April 25, 2012

Sejarah Liga Indonesia

Inilah sejarah liga Indonesia. Hingga tahun 1979, kompetisi sepak bola nasional di Indonesia diselenggarakan secara amatir, dan lebih dikenal dengan istilah "Perserikatan".

Pada tahun 1979–80 diperkenalkan kompetisi Liga Sepak Bola Utama (Galatama). Meski demikian, baik Perserikatan maupun Galatama tetap berjalan sendiri-sendiri. Galatama merupakan kompetisi sepak bola semi-profesional yang terdiri dari sebuah divisi tunggal (kecuali pada musim tahun 1983 dan 1990 terdiri dari 2 divisi). Galatama merupakan salah satu pioner kompetisi semi-professional dan professional di Asia selain Liga Hong Kong.

Galatama dan Perserikatan digabung
Pada tahun 1994, PSSI menggabungkan Perserikatan dan Galatama dan membentuk Liga Indonesia, memadukan fanatisme yang ada di Perserikatan dan profesionalisme yang dimiliki Galatama. Dengan tujuan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

Pada tahun 2008, PSSI menyelenggarakan Liga Super Indonesia sebagai liga sepak bola profesional pertama di Indonesia, menggantikan Divisi Utama sebagai kompetisi tingkat teratas.

Saat ini, Liga Indonesia dibagi menjadi lima tingkat:
Kompetisi non-amatir:
1. Liga Super Indonesia
2. Divisi Utama Liga Indonesia
Kompetisi amatir:
3. Divisi Satu Liga Indonesia
4. Divisi Dua Liga Indonesia
5. Divisi Tiga Liga Indonesia


lihat juga: sejarah liga super indonesia

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:19 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf