lihat juga

Sunday, April 22, 2012

Iwak Peyek Juga Lagu Resmi Suporter Indonesia!

Iwak Peyek memang bukanlah lagu resmi Piala Eropa 2012 karena UEFA sudah mengumumkan lagu resminya. Informasi tentang hal tersebut bisa dilihat di: Lagu Bola Resmi Piala Eropa 2012. Tapi untuk sepakbola Indonesia, Iwak Peyek sudah menjadi bagian dari nyanyian suporter lokal sejak dulu.

Lagu Iwak Peyek yang dipopulerkan Trio Macan memang sedang dirundung banyak kontroversi. Lagu yang kerap jadi yel-yel suporter sepakbola Indonesia ini dituding menjiplak lagu suporter Yunani. Tepatnya, anthem milik suporter klub bola Olympiakos.(Baca: Lagu Iwak Peyek di Sepakbola Yunani)

Kalau diruntut, Iwak Peyek sebetulnya adalah lagu gospel yang serupa dengan When The Saints Go Marching In. Tembang tersebut sudah ada sejak jaman dahulu, bahkan juga lama dipakai untuk anthem sepakbola di Inggris juga.

Jadi wajar jika irama seperti Iwak Peyek dinyanyikan oleh siapapun, termasuk suporter sepakbola di seluruh dunia. Kasus ini mirip dengan soundtrack populer Garuda di Dadaku yang juga berasal dari lagu daerah, Apuse.

Sebagai suporter, sebaiknya kita tidak usah ikut berkontroversi soal lagu ini. Kalau suka, nyanyikan saja. Toh setiap lagu itu diciptakan memang untuk dinyanyikan. Dan rasanya sah-sah saja jika kita menyanyikan lagu apa pun untuk menyemangati pemain di stadion. Apalagi jika didendangkan bersama dengan penuh semangat, akan menambah gairah kita dalam menikmati sepakbola.

Tidak perlu bingung dengan siapa pencipta resmi lagu Iwak Peyek, anggap saja ini sudah jadi milik resmi publik sepakbola Indonesia. Seperti halnya kampanye Channelbola.com Agen Bola Resmi Piala Eropa 2012 - tak perlu disalahkan jika irama lagu Iwak Peyek dianggap sebagai yel-yel resmi suporter sepakbola Indonesia!

Lihat juga: skuad timnas Indonesia

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 12:12 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf