lihat juga

Tuesday, January 31, 2012

Rossi Menikmati Uji Coba Sepang Hari Pertama

Kini Valentino Rossi bisa bernafas lega setelah Desmosedici terbarunya menepati janji dan kini terbitlah secercah harapan akan masa depan yang baik setelah melakukan uji coba hari pertama di Sepang. Gumpalan awan hitam di langit pun kini berangsur menipis dan cahaya sang surya mulai menyinari GP12. Tapi balapan tidak akan dimenangkan hanya dengan kata-kata dan harapan, tapi The Doctor sendirilah yang harus menunggangi Desmosedici melintasi garis finish.

"Aku telah memangkas setengah gap dari uji coba Valencia pada akhir tahun lalu pada hari pertama uji coba ini dengan hanya melakukan 40 lap tidak lah buruk."

Best lap 2 menit 2.393 detik mengantarkan Rossi pada posisi kelima, walaupun masih tertinggal 0.7 detik dari Lorenzo, namun The Doctor hanya terpaut kurang dari 0.2 detik dari Spies dan Crutchlow yang masing-masing berada di posisi ketiga dan keempat.

Jadi bagaimana perasaanmu secara keseluruhan pada hari ini?

"Aku senang, motor baru ini adalah dasar yang optimal untuk dikembangkan, kami bisa meningkatkan semua aspek yang mana tahun lalu kami sangat kesulitan. Motor Ducati terbaru juga cantik untuk dilihat."

Bisakah kamu memberikan penjelasan lebih detail?

"Aku merasa lebih baik di atas tempat duduk, aku bisa berkendara seperti yang aku inginkan dan aku menikmatinya. Kami telah melakukan langkah ke depan yang besar, terutama ketika mengerem dan masuk tikungan. Bukan hanya itu, motor ini juga cepat dalam perubahan arah walaupun dalam kecepatan tinggi, salah satu hal yang kami kesulitan pada tahun lalu. Aku melihat ada peningkatan yang signifikan."

Apa saja yang sudah berubah?

"Semuanya. Motor ini masih sangat baru dan kita baru saja melakukan debut, namun sekarang kita bisa bisa bekerja dengan baik dan aku bisa memanaskan ban hingga temperatur optimum."

Apakah kamu tidak menemukan kekurangan pada motor ini?

"Kita sedikit mengalami masalah pada saat berakselerasi sehingga kami kehilangan banyak waktu karena tenaga yang keluar terlalu kasar."

Apakah itu merupakan masalah dengan mesin?

"Aku fikir tidak. Mesin kami kuat, tapi kami harus bekerja pada komponen elektronik. Dalam hal ini Honda bisa mendapatkan tenaga yang lebih baik dari kami."

Salah satu masalah pada GP11 adalah tidak bereaksi dengan baik terhadap perubahan setelan. Dalam hal ini, bagaimana dengan GP12?

"Sebaliknya, GP12 bereaksi dengan baik. Hari ini kami mencoba beberapa modifikasi kecil dan secara konsisten kita mampu meningkatkan catatan waktu. Padahal beberapa bulan yang lalu hal ini terlihat mustahil."

Bagaimana dengan semua perubahan ini ketika kamu berkendara?

"Aku merasa lebih aman di atas motor, akhirnya aku bisa mengerem seperti yang aku inginkan dan aku bisa mengambil lajur yang aku inginkan. Hal ini bukanlah kebetulan karena hari ini aku melakukan uji coba selama 40 lap tanpa melakukan satu kesalahan pun. Aku tidak pernah melebar dan keluar trek walaupun hanya sekali. Sekarang semua telah terkontrol."

Apakah kamu pernah mengharapkan hal ini sebelumnya?

"Aku bilang sih hanya dari sudut pandang yang paling optimis lah aku bisa membayangkan awal yang baik seperti ini."

Kemudian apa yang akan kamu harapkan berikutnya?

"Menurutku impresi awal itu sangat penting ketika kamu menguji sebuah motor baru dan impresi awalku sangat bagus. Aku tidak memiliki tujuan tertentu pada saat ini, masih banyak pekerjaan yang tersisa untuk diselesaikan. Kita masih belum siap untuk bertarung mendapatkan kemenangan. Setelah tiga hari nanti kita akan memperoleh gambaran keseluruhan dari kondisi kita. Untuk bisa memahami batas yang sebenarnya pada motor, kamu harus mendapatkan catatan waktu sekitar 2 menit atau 1 menit 59 detik pada sirkuit ini."

Kamu telah mencoba ban Bridgestone baru, bagaimana menurutmu?

"Bridgestone yang baru ini sedikit lebih baik daripada yang lama, tapi aku tidak melihat perbedaan yang signifikan."

Seperti apa rasanya berkendara di sirkuit dimana Marco Simoncelli tewas?

"Rasanya sulit sekali kehilangan Sic. Kasus yang terjadi disini sama seperti yang terjadi di sirkuit manapun."

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:21 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf